Kuatkan Karakter Siswa, Cegah Kenakalan Remaja

Kuatkan Karakter Siswa, Cegah Kenakalan Remaja

*KKN Undip

MENYAMPAIKAN - Mahasiswa KKN Undip saat menjelaskan programnya.

KEDUNGWUNI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2020 melakukan penguatan karakter siswa, khususnya di SD Negeri Rengas Kecamatan Kedungwuni guna pencegahan kenakalan remaja. Kegiatan diikuti oleh 110 siswa dari kelas 4 dan 5 SD Negeri Rengas, Sabtu (18/1/2020) lalu.

Kurnia Arifin salah seorang anggota Tim 1 KKN Undip dari Fakultas Hukum menyampaikan mengenai bentuk kenakalan remaja baik yang ada regulasinya maupun tidak. Tak hanya itu, ia juga membahas bahaya kenakalan remaja yang dapat berdampak buruk bagi siswa di masa depannya.

Dengan suasana riang dan interaktif ia menuturkan, "Kenakalan remaja merupakan salah satu hal yang dapat memicu timbulnya peningkatan kriminalitas di suatu masyarakat. Maka dalam kegiatan ini siswa-siswi SD Rengas diajarkan agar tidak melakukan kenakalan remaja sekecil apapun itu," tutur dia.

Pihaknya berupaya mengajak para siswa SD untuk bertindak positif seperti mengembangkan bakat dan minatnya. Dalam kegiatan ini juga disampaikan mengenai program Sekolah Ramah Anak sebagai sarana pencegahan kenakalan remaja.

"Harapannya SD Negeri Rengas bisa menjadi sekolah Ramah Anak, dimana antar siswa tidak terjadi kasus penganiayaan, bullying dan hal lainnya yang dapat membuat kondisi anak terganggu secara fisik dan mental," imbuhnya.

Kegiatan kemudian ditutup dengan permainan dan pertanyaan berhadiah yang diikuti siswa dengan antusias. Anak-anak pun dengan lantang menyuarakan siswa SD Negeri Rengas tidak boleh nakal, dengan harapan melalui kegiatan merupakan suatu tahapan penguatan karakter. "Semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat untuk anak-anak, dan mereka mengetahui bagaimana bahaya serta dampak negatif dari kenakalan remaja yang muaranya akan aktivitas kenakalan," tutupnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: