Lacak Penyebaran Covid-19 Usai Lebaran, Gelar Rapid Test Massal Disejumlah Pasar

Lacak Penyebaran Covid-19 Usai Lebaran, Gelar Rapid Test Massal Disejumlah Pasar

Bupai Batang Wihaji didampingi Kepala dinas kesehatan dr Mukhlasin, sekertaris Gugus Tugas Ulul Azmi.

BATANG - Usai Idul Fitri atau lebaran, Pemkab Batang akan langsung tancap gas guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Langkah tersebut dilakukan dengan menggelar Rapid Test massal disejumlah pasar.

"Usai lebaran, kita akan menggelar Wihaji Rapid Tes massal di Pasar Induk Batang, Pasa Bandar, dan Pasar Blado dengan melibatkan petugas dinas kesehatan," ujar Bupati Batang, Wihaji saat menggelat konferensi pers di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (23/5/2020).

Bupati Wihaji didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Mukhlasin menjelaskan, Rapid Tes massal rencananya akan digelar pada 27 Mei 2020. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan sudah mempersiapka sebanyak 300 alat Rapid Tes. Adapun rincian penggunaanya, untuk Pasar Batang 150 unit, Bandar 125 unit dan Blado 25 unit.

"Rapid tes masal ini dilakukan untuk mengetahui aktifitas penularan di Covid-19 di sejumlah pasar seperti apa usai, khususnya usai lebaran Idul Fitri. Untuk itu, kita jangan menganggap enteng dan remeh kasus covid-19 ini, karena penyebaranya masih terus terjadi," jelas Wihaji didampingi Sekertaris Gugus Tugas Ulul Azmi.

Pada kesempatan itu, Bupati Wihaji juga mengungkapkan adanya penambahan 4 kasus baru Covid-19. Mereka merupakan hasil tracing petugas Dinkes Kabupaten Batang dari kasus sebelumnya, dan hasil swab-nya Positif Covid-19.

"Keempatnya berasal dari orang tua dan istri keluarga jama'ah Tabligh peserta Ijtima' cluster Gowa yang sebelumnya telah terkonfirmasi Positif Covid-19. Penularannya jelas dari anak ke orang tua atau istri, keempatnya dari Kecamatan Tulis dan Kandeman. Dan keempat orang tersebut sudah masuk ruang isolasi di RSUD Kalisari Batang," tandas Wihaji.

Dengan adanya tambahan empat kasus positif baru, maka di Kabupaten Batang sudah ada 27 orang yang positif Covid-19. Rincianya, 18 orang dirawat, dinyatakan sembuh 8 orang, meninggal dunia 1 orang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: