Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sayur Asem Sunda yang Gurih dan Segar Rasanya, Praktis Untuk Menu Buka P

Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sayur Asem Sunda yang Gurih dan Segar Rasanya, Praktis Untuk Menu Buka P

Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sayur Asem Sunda yang Gurih dan Segar Rasanya, Praktis Untuk Menu Buka Puasa-Youtube.com/Harumi Talks-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ide masakan sehari-hari! Cobain resep sayur asem Sunda yang gurih dan segar rasanya, praktis untuk buka puasa. Penasaran gimana cara bikinnya? So, langsung saja kita bahas!

Sayur asem sangat cocok dijadikan sebagai hidangan makan siang enak atau menu buka puasa nanti. Ketika cuaca panas atau tenggorokan kering saat puasa, sayur asem ini sangat cocok untuk dikonsumsi lantaran menyegarkan badan.

Sayur asem merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah engan cara direbus. Kemudian kuahnya diberi dengan bumbu cabe dan larutan asam Jawa sehingga rasanya menjadi pedas dan segar.

Seperti yang diketahui bahwa sayur asem tiap daerah punya resepnya masing-masing dan penampilan yang cukup berbeda. Umumnya perbedaan ini terlihat sangat jelas dari beberapa sayur asem terkenal di Indonesia adalah pada  kuahnya.

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Cumi Saus Padang yang Lezat, Pedas dan Gampang Buatnya di Rumah

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Ayam Asam Manis Pedas yang Lezat, Cocok untuk Menu Makan Siang Keluarga

Sayur Asem memiliki beragam versi. Perbedaannya terletak pada cara memproses bumbu yang dipakai. Ada varian Sayur Asem dengan bumbu iris sehingga menghasilkan kuah yang lebih bening, ada pula varian bumbu yang dihaluskan sehingga kuah menjadi lebih keruh.

Sayur asem Sunda umumnya mempunyai warna kemerahan yang pekat dan pakai kacang tanah yang sudah dikupas dari kulitnya. Bahkan, sayur asem khas Sunda umumnya memiliki tampilan warna kuah yang tak terlalu keruh dibandingkan dengan sayur asem khas Betawi. 

Meskipun keduanya memakai bumbu yang sama seperti bawang merah, bawang putih, cabai, terasi dan kemiri yang sudah disangrai. Namun dari segi isiannya, sayur asem Sunda juga punya isian yang tak sebanyak sayur asem Betawi.

Umumnya, sayur asem memiliki isian dari potongan kacang panjang, nangka muda, jagung, melinjo, dan labu siam. 

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Bihun Kuah yang Ringan dan Segar Rasanya, Praktis Untuk Menu Buka Puasa

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Tahu Semur Pedas yang Nikmat, Ekonomis, dan Praktis Bikinnya di Rumah

Dan dalam resep sayur asem Sunda, kacang tanah yang digunakan sudah dikupas sedangkan dalam sajian sayur asem Betawi, kacang tanahnya direbus bersama kulitnya.

Di restoran Sunda sendiri, sayur asem ini adalah salah satu makanan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Sayur asem Sunda yang gurih dan segar rasanya ini paling enak bila disantap bersama sepiring nasi hangat, tempe goreng, ikan asin, dan sambal terasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://endeus.tv/resep/sayur-asem-sunda-dengan-rasa-yang-gurih-banget