Pemula Harus Tahu! Inilah 5 Cara Merawat Mobil Transmisi CVT, Dijamin Tidak Gampang Rusak!

Pemula Harus Tahu! Inilah 5 Cara Merawat Mobil Transmisi CVT, Dijamin Tidak Gampang Rusak!

Cara Merawat Mobil Transmisi CVT--Instagram/taufik.feby

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Cara merawat mobil transmisi CVT ini, sepertinya harus kamu ketahui, khususnya buat kamu yang baru pertama memiliki mobil transmisi CVT.

Cara kerja CVT sendiri adalah, dengan memanfaatkan dua komponen utama, yaitu antara puli dan sabuk baja, dimana setiap puli ini akan di dorong sistem pompa fluida, dan menghasilkan tenaga yang disalurkan lebih sempurna ke roda.

Perawatan mobil transmisi CVT dengan transmisi manual tentu saja memiliki perbedaan, sebab mobil manual mengandalkan planetary gear set dan torque converter.

Selain itu, transmisi CVT juga biasanya memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan mobil transmisi manual, normalnya mobil transmisi CVT memiliki usia 8 sampai 10 tahun.

BACA JUGA:Mobil Keluarga Cocok Untuk Mudik Lebaran 2024, Suzuki APV Hadir dengan Mesin Irit dan Performa Handal

BACA JUGA:Cari Mobil untuk Mudik Lebaran 2024? Ini 8 Rekomendasi LCGC Murah dan Terbaik Harga Cuma 100 Jutaan

Mobil transmisi CVT juga sangat rawan terjadi kerusakan fatal, jika pengendaranya tidak tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai beberapa cara merawat mobil transmisi CVT.

1. Tidak mengangkat beban yang terlalu berat

Cara merawat mobil transmisi CVT pertama yang harus kamu lakukan adalah, dari perilaku pengemudinya sendiri, seperti menggunakan mobil CVT untuk mengangkat beban-beban berat.

Pada umumnya mobil memiliki daya angkut maksimal yang sudah ditetapkan oleh pabrik, maka daripada itu usahakan untuk membawa barang dengan memperhatikan kapasitas maksimalnya.

Sebab, jika mobil digunakan untuk mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas maksimalnya, dapat menyebabkan kerusakan pada CVT karena terlalu maksa.

BACA JUGA:Motor Bebek Suzuki Shogun 125 SP Matic, Kini Jadi Primadona dengan Performa Tangguh dan Irit

BACA JUGA:Cari Mobil yang Irit BBM, Fitur Komplit dan Perawatan Mudah? Inilah Hatchback Bekas yang Murah Cuma 70 Jutaan

2. Rajin mengganti oli CVT dan juga servis secara berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: