Puluhan Rumah di Kota Pekalongan Rusak akibat Puting Beliung

Puluhan Rumah di Kota Pekalongan Rusak akibat Puting Beliung

Puluhan rumah di Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan rusak diterjang angin puting beliung, Rabu, 13 Maret 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Puluhan rumah warga di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu pagi, 13 Maret 2024.

Informasi yang dihimpun, bencana alam angin puting beliung ini terjadi sekitar pukul 07.30 WIB, saat hujan deras.

Sebagian besar rumah yang atapnya rusak akibat angin puting beliung berlokasi di RW 01 dan RW 08 Kelurahan Tirto. Jumlahnya kurang lebih mencapai 30 rumah.

Tingkat kerusakan bervariasi. Ada beberapa rumah yang seluruh atap dan gentingnya rusak akibat terjangan puting beliung.

Bahkan ada sebuah rumah yang atap galvalumnya 'terbang' hingga sejauh ratusan meter dan menimpa atap rumah tetangganya.

BACA JUGA:Puting Beliung Hajar Desa Tajur Kandangserang Kabupaten Pekalongan, Pohon Bertumbangan, 6 Rumah Warga Rusak

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat kejadian ini. Namun, warga yang rumahnya rusak, terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangganya.

Sesaat setelah kejadian, warga bersama anggota Polsek Pekalongan Barat, Koramil Pekalongan Barat, BPBD, pihak kecamatan, dan kelurahan setempat bergotong royong membersihkan puing-puing kerusakan.

Camat Pekalongan Barat, Sri Karyati, bersama Kapolsek Pekalongan Barat Kompol Siswanto, juga langsung meninjau ke lokasi untuk mendata kerusakan dan mengoordinasikan penanganan pascabencana.

Tak hanya itu, beberapa saat setelah kejadian, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid bersama Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, sejumlah Kepala OPD terkait juga meninjau ke lokasi.

Salah seorang warga RW 01 Kelurahan Tirto, Juriyah (62), menuturkan saat kejadian dirinya sedang berada di tempat kerja. Kemudian diberi tahu oleh keluarganya kalau atap rumahnya rusak akibat terjangan angin puting beliung.

"Atap rumah saya rusak. Kejadian pas tadi pagi hujan sekitar jam setengah 9. Mungkin nanti kami terpaksa harus tidur di rumah tetangga dulu," katanya.

Kapolsek Pekalongan Barat Kompol Siswanto mengatakan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian ini.

"Situasi masih aman terkendali. Kita bersama dari Koramil, Kecamatan, Kelurahan, dan warga bersama-sama mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: