5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik dan Nyaman untuk Orang Lain Menurut Ilmu Psikologi

5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik dan Nyaman untuk Orang Lain Menurut Ilmu Psikologi

tips menjadi tempat curhat yang baik-freepik.com-freepik.com

Tips yang selanjutnya adalah, kamu harus mengetahui kondisimu terlebih dahulu. Mendengarkan cerita atau curhatan orang lain akan sedikit membuat kamu menjadi emosional. 

Ada baiknya, jika ingin mendengarkan curhatan orang lain, kamu sendiri harus ada pada kondisi yang baik terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Psikologi Praktis: 8 Tanda Orang yang Berhati Licik yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai di Sekitarmu

BACA JUGA:Psikologi praktis: 6 Tanda Seseorang yang Diam-diam Naksir Kamu, Mungkin Tanpa Kamu Sadari

Sehingga saat kamu sedang ada masalah atau merasa kurang baik, amaka ada baiknya untuk jujur terlebih dahulu kepada temanmu, agar dia memberikan sedikit waktu, setidaknya sampai kamu merasa lebih baik dan siap untuk mendengarkannya.

Hal ini agar dia bisa memaklumi kondisimu, sehingga kalian bisa sama-sama enak saat sedang berkomunikasi, dan kamu pun bisa lebih tulus untuk mendengarkan. 

5. Jangan membanding-bandingkan 

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah tidak membandingkan kondisimu dengan dia. 

Jadi jika ada temanmu yang bercerita atau curhat, dan hal itu menurutmu biasa saja, karena mungkin kamu pernah mengalami hal yang lebih parah dari itu, maka jangan pernah membandingkannya. 

Setiap orang memiliki sudut pandang dan kemampuan untuk menghadapi masalah dengan cara yang berbeda-beda, dan jika kamu membanding-bandingkan tentu dia akan menjadi merasa tidak didengarkan dan disepelekan.

BACA JUGA:Pasanganmu Suka Mengatur? Begini 4 Cara Menghadapai Pasangan dengan Watak Korelis Menurut dr. Aisah Dahlan

BACA JUGA:5 Penyebab Seseorang Memiliki Watak yang Keras, Susah Menerima Pendapat Orang Lain

Jangan juga untuk lebih banyak menceritakan dirimu, daripada dirinya, sebab sesi curhat ini adalah momen untuk dia bercerita, jadi biarkan dia untuk menyampaikan apapun. 

Jadi begitulah kira-kira tips menjadi tempat curhat yang baik dan nyaman untuk orang lain. Jika kamu bisa menerapkan beberapa hal di atas, maka orang lain akan percaya denganmu. 

Saat orang lain sudah mempercayaimu, maka kamu juga harus bisa menjaga kepercayaannya dengan cara menjaga setiap ceritanya dengan baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: