5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik dan Nyaman untuk Orang Lain Menurut Ilmu Psikologi

5 Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik dan Nyaman untuk Orang Lain Menurut Ilmu Psikologi

tips menjadi tempat curhat yang baik-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Punya teman yang suka curhat? Begini tips menjadi tempat curhat yang baik dan nyaman untuk orang lain, yang akan kita bahas sudut pandangnya dari psikologi. 

Tahukah kamu bahwa tidak semua orang bisa menjadi tempat curhat yang baik lho untuk orang lain? Iya, karena ketrampilan ini hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang saja. 

Namun, jangan khawatir jika kamu ingin belajar untuk menjadi tempat curhat yang baik, sebenarnya hal ini bisa kok dipelajari. 

Mungkin terlihat sepele ya jika orang lain curhat kepada kita, tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar orang lain bisa merasa nyaman dan tidak semakin merasa down, apalagi jika masalahnya cukup berat. 

Oleh karena itu, berikut ini akan ada beberapa tips menjadi tempat curhat yang baik dan nyaman untuk orang lain. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini. 

BACA JUGA:4 Trik Psikologi agar Orang Lain Nyaman Berbicara denganmu, Termasuk Dia, Orang yang Kamu Sukai

BACA JUGA:Psikologi Praktis: 4 Cara Membaca Watak Seseorang dari Sudut Mata dan Bibir Menurut dr Aisah Dahlan

Tips Menjadi Tempat Curhat yang Baik

1. Jadilah pendengar yang baik 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus menjadi pendengar yang baik. Nah untuk menjadi pendengar yang baik ini, kamu perlu melakukan beberapa hal. 

Beberapa diantaranya jika temanmu bercerita, maka biarkan dia bercerita sampai selesai, dan jangan suka untuk memotong-motong pembicaraanya, apalagi sampai mangalihkan topik pembicaraan, dan berbicaralah jika sudah tiba giliranmu, atau setidaknya jika terpaksa menyela, ucapkan "maaf ya aku potong.."

Selain jangan menyela omongan, kamu juga harus menunjukkan bahwa ragamu ada di situ saat bercerita. Maksudnya adalah, saat temanmu bercerita maka sebisa mungkin untuk menatap matanya atau melakukan kontak mata dan badanmu menghadapa ke arahnya. 

Hal ini akan membuat orang lain merasa dihargai, dan diperhatikan, sehingga dia bisa merasa nyaman. 

2. Tanyakan kebutuhan dia untuk curhat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: