Gampang! Inilah 4 Tips Memilih Oli Mesin Motor yang Tepat Agar Sesuai Jenisnya, Kenali dan Jangan Salah Beli

Gampang! Inilah 4 Tips Memilih Oli Mesin Motor yang Tepat Agar Sesuai Jenisnya, Kenali dan Jangan Salah Beli

Gampang! Inilah 4 Tips Memilih Oli Mesin Motor yang Tepat Agar Sesuai Jenisnya, Kenali dan Jangan Salah Beli-Youtube.com/Alby & Jaanu-

BACA JUGA:4 Manfaat Bedak Kelly untuk Wajah Usia 50 Tahun Ke Atas, Bikin Awet Muda Kulit Kencang dan Kenyal

Bedanya, MA2 mampu melumasi mesin dengan lebih baik karena adanya tambahan zat aditif sehingga formulasinya bersifat lengket agar mampu menempel lebih optimal pada komponen mesin.

· Oli untuk kopling kering

Oli motor dengan kode JASO MB terbaik biasanya dipakai untuk jenis skuter matic. Sebab mayoritas kopling motor skuter matic berjenis kering dan tidak terendam oli, sehingga oli khusus motor ini bersifat lebih licin dan lebih difungsikan untuk membasahi kampas kopling bukan melumasinya. 

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian besar mesin motor matic punya suara yang agak kasar.

2. Tingkat Keencerannya

Tips memilih oli mesin motor yang tepat agar sesuai jenisnya adalah tingkat keencerannya. SAE merupakan sebuah standar kekentalan oli yang diciptakan oleh The Society of Automotive Engineering (SAE).

BACA JUGA:Ramadan Food Festival Hotel Sendang Sari Batang, Bisa All You Can Eat dengan Harga Rp77 Ribu

BACA JUGA:Promo Melimpah di Bulan Berkah dari MyPertamina

Berikut adalah arti dari setiap kode yang terdapat pada kemasan oli.

· Tingkat keenceran yang rendah

Jika kamu lebih sering menggunakan kendaraan di daerah dengan suhu panas, maka kamu bisa menggunakan oli dengan tingkat keenceran yang rendah. Kamu bisa menggunakan oli dengan kode SAE 15W-40 hingga SAE 20W-40.

Kamu bisa menggunakannya pada kondisi suhu hingga minus 15°C. Oli jenis ini sangat cocok untuk motor yang memiliki umur muda yakni lima tahun ke bawah. Selain itu, oli ini juga cocok untuk motor yang memiliki jarak tempuhnya kurang dari 100.000 km.

· Tingkat keenceran yang tinggi

Jika kamu lebih menggunakan kendaraan di daerah dengan suhu dingin, maka kamu bisa menggunakan oli dengan tingkat keenceran yang tinggi. Oli dengan kode SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50 sangat disarankan untuk wilayah dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: