Awas Produk Kedaluwarsa, Dinkes Imbau Masyarakat Hati-hati Beli Paketan Parsel

Awas Produk Kedaluwarsa, Dinkes Imbau Masyarakat Hati-hati Beli Paketan Parsel

CEK - Dinkes Batang bersama instansi terkait beberapa lalu menggelar pengecekan pangan jelang lebaran. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.IDDinkes BATANG mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli parsel jelang lebaran. Hal ini lantaran parsel didalam kemasan tidak bisa dilihat tanggal kedaluwarsanya. Sehingga lebih baik dilakukan pengecekan yang lebih teliti ketika akan membeli. 

"Beberapa waktu lalu kami mengecek banyak produk kemasan yang rusak, ataupun sudah kedaluwarsa. Jadi kami imbau masyarakat untuk hati-hati saat membeli hampers atau parsel. Lebih baik periksa detail satu persatu produknya apakah masih layak konsumsi atau tidak," ujar Kasi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Rizza Fauziyah saat diwawancarai beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA: Masih Ada Pedagang Bandel, Dinkes Batang Masih Temukan Bahan Pangan Berbahaya di Pasar Jelang Lebaran

Dijelaskannya, Dinkes Batang bersama instansi terkait beberapa lalu menggelar pengecekan pangan jelang lebaran. Dimana ditemukan beberapa produk dengan kemasan rusak ataupun expired.

"Bagi yang masih kedapatan memiliki produk kedaluwarsa atau pun kemasannya rusak, atau izin edar yang sudah tidak berlaku, kami berikan edukasi ke pemilik toko. Memang di beberapa toko tradisional ada yang belum melakukan stok opname, jadi masih ditemukan produk yang kedaluwarsa masih terdisplay," jelasnya. 

BACA JUGA:Cegah Stunting, BPI dan Dinkes Batang untuk Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kesehatan Desa dan Donasikan Alkes

Pihaknya pun berharap dari manajemen toko ataupun minimarket untuk rutin melakukan stok opname dan pengecekan. Hal ini juga sebagai langkah untuk pelayanan konsumen. 

"Konsumen juga diharapkan hati-hati dan lebih teliti lagi dalam membeli produk kemasan," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan