Ingin Dapat Pahala Puasa Setahun Hanya dengan Puasa 6 Hari, Berikut Ini Tata Cara Puasa Syawal

Ingin Dapat Pahala Puasa Setahun Hanya dengan Puasa 6 Hari, Berikut Ini Tata Cara Puasa Syawal

Di bulan Syawal disunnahkan menunaikan puasa Syawal selama enam hari, namun mendapatkan pahala seperti satu tahun puasa.-Tangkapan layar freepik.com-

Hari pelaksanaannya tidak tertentu dalam bulan Syawal. Puasa ini bisa dilakukan di awal bulan, pertengahan bulan atau di akhir bulan. 

Puasa Syawal bisa dilakukan secara terpisah atau beriringan. Namun, jika menyegerakan dan melakukannya secara berurutan di awal bulan, maka itu baik. Sebab menunjukkan bersegera melakukan kebaikan.

Baca juga:Hukum Orang yang Berpuasa tapi Tidak Pernah Sholat: Menurut Pandangan Buya Yahya

Berikut tata cara puasa syawal seperti dilansir muslim.or.id:

1. Puasa selama enam hari

Hadistnya, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh."

Dari hadits tersebut, Syaikh Utsaimin rahimahullah berkata, "Yang disunnahkan adalah berpuasa enam hari di bulan Syawal."

2. Utamanya dilaksanakan setelah Idul Fitri

Syaikh Utsaimin berkata, "Para fuqoha berkata bahwa yang lebih utama, enam hari di atas dilakukan setelah Idul Fitri (1 Syawal) secara langsung. Ini menunjukkan bersegera dalam melakukan kebaikan."

Namun, tak mengapa melaksanakan puasa Syawal tak langsung setelah Hari Raya Idul Fitri. Puasa Syawal bisa dilakukan selama bulan Syawal.

Baca lagi:3 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Gigi Bersih dan Nafas Segar Bebas Bau Mulut Seharian

3. Utamanya dilakukan secara berurutan

Syaikh Utsaimin berkata, "Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu pun tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan."

Namun, tidak mengapa jika puasa Syawal dilakukan tidak secara berurutan.

4. Usahakan tunaikan qodho puasa Ramadhan dulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: