Inilah 3 Tradisi Syawalan di Kabupaten Pekalongan, Unik dan Merakyat

Inilah 3 Tradisi Syawalan di Kabupaten Pekalongan, Unik dan Merakyat

Kabupaten Pekalongan miliki tradisi syawalan yang unik dan merakyat, seperti gunungan sego megono, gethuk lindri terpanjang, dan gunungan gebral.-Hadi Waluyo-

Masyarakat Kelurahan Pekajangan Gang 20, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, menggelar tradisi unik untuk merayakan syawalan, yakni tradisi Gunung Gebral.

Jajanan tradisional dengan bahan utama singkong ini dibuat gunungan setinggi 1,5 meter untuk dimakan bersama masyarakat di kelurahan tersebut.

Tradisi syawalan berupa gunung gebyar di Pekajangan Gang 20 sudah berjalan puluhan tahun. Festival gunung gebyar tersebut dilakukan satu minggu setelah Lebaran. 

Bahan baku gebral berupa singkong. Untuk membuat gunungan gebral setinggi 1,5 meter membutuhkan singkong sebanyak 2,5 kuintal. 

Festival gunung gebral di Pekajangan ini tujuan utamanya untuk ajang silaturahmi masyarakat di daerah tersebut. 

Baca juga:Tradisi Syawalan Gunungan Megono Dipadati Pengunjung

3. Gunungan Sego Megono di OW Linggoasri

Puncak tradisi Syawalan di Kabupaten Pekalongan yang diselenggarakan Pemkab Pekalongan adalah gunungan sego megono. Kegiatan ini dipusatkan di Obyek Wisata Linggoasri di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.  

Gunungan sego megono dan gunungan hasil bumi dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Pekalongan sebelumnya diarak sejauh 3 Km dari Balai Desa Linggoasri menuju lapangan OW Linggoasri. Berbagai hiburan rakyat pun disuguhkan di tradisi syawalan di Linggoasri ini.

Acara dimulai dengan kirab gunungan megono dan gunungan hasil bumi. Dilanjutkan dengan upacara pembukaan acara syawalan serta penampilan kesenian tradisional khas Kota Santri. Gerebek gunungan megono dan gunungan hasil bumi diperebutkan setelah pemotongan tumpeng megono oleh Bupati Pekalongan dan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan. 

Itulah tiga tradisi syawalan yang unik dan merakyat di Kabupaten Pekalongan yang bisa dinikmati bersama keluarga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: