Inilah Cara Mengonsumsi Buah Siwalan untuk Ibu Hamil, Cemilan Sehat untuk Mengatasi Morning Sickness

Inilah Cara Mengonsumsi Buah Siwalan untuk Ibu Hamil, Cemilan Sehat untuk Mengatasi Morning Sickness

Buah siwalan atau buah lontar kaya manfaat untuk kesehatan, termasuk bagus untuk mengatasi morning sickness bagi ibu hamil.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ibu hamil sering mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness, cobalah ngemil buah siwalan atau buah lontar. Sebab, buah siwalan ini kaya manfaat untuk kesehatan, termasuk bagus untuk Ibu hamil.

Ibu hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, agar pertumbuhan dan perkembangan janinnya baik. Makanan bergizi juga mendukung kesehatan dari ibu hamil itu sendiri agar tetap sehat.

Salah satu sumber makanan bergizi yang bagus untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan yang beragam setiap harinya. 

Salah satu buah yang cocok dijadikan cemilan oleh ibu hamil ialah buah siwalan atau buah lontar. Makanya, saat buah siwalan lagi musimnya, ibu hamil tak salah untuk membelinya untuk cemilan di rumah. 

Baca juga:Jaga Kulit Awet Muda dan Bebas jerawat, Ini 11 Manfaat Buah Siwalan atau Buah Lontar

Salah satu alasan buah siwalan cocok untuk ibu hamil adalah buah ini tidak memiliki kandungan lemak atau kolesterol. Sehingga buah siwalan cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Dalam 100 gram buah siwalan, ada kandungan sekitar 43 kalori, 11 gram karbohidrat, dan 27 persen kalsium. Selain itu, buah lontar mengandung serat, protein, vitamin C, dan zat besi.

Buah siwalan juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin E serta banyak fitonutrien yang terkandung secara alami. Ada pula vitamin B7 (biotin) dan vitamin K. 

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, buah siwalan atau buah lontar ini kaya manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Buah ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu mengatasi banyak masalah yang berhubungan dengan kehamilan.

Baca lagi:4 Manfaat Buah Manggis yang Luar Biasa, Bagus untuk Ibu Hamil dan Penderita Diabetes

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Dengan begitu, dokter akan menentukan seberapa banyak buah siwalan yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah siwalan lantaran buah ini dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Masalah pencernaan umum seperti sembelit dan asam lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi buah siwalan.

Pada trisemester pertama, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah atau morning sickness. Buah siwalan dapat membantu meredakan gejala-gejala morning sickness ini.

Selain itu, buah siwalan merupakan suplemen dan pengatur energi alami yang dibutuhkan ibu hamil. Dengan kombinasi mineral dan garam yang terkandung di dalam buah ini, kadar glukosa di dalam tubuh akan selalu terjaga dan membuat ibu hamil tetap segar selama hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: