4 Manfaat Buah Manggis yang Luar Biasa, Bagus untuk Ibu Hamil dan Penderita Diabetes

4 Manfaat Buah Manggis yang Luar Biasa, Bagus untuk Ibu Hamil dan Penderita Diabetes

Buah manggis kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Mumpung lagi musim buah manggis, yuk membelinya. Selain harganya tidak mahal, manfaat buah manggis untuk kesehatan sangat luar biasa.

Untuk memilih buah manggis yang sudah matang, pilihlah buah yang kulitnya berwarna ungu kemerahan, sedangkan isinya berwarna putih. Buah matang rasanya akan manis, namun jika belum matang berasa asam. 

Jika memilih buah yang matang, maka segeralah untuk dimakan. Sebab, semakin matang buah manggis maka akan semakin singkat daya simpannya.

Buah manggis kaya akan nutrisi. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI disebutkan dalam 1 mangkuk atau setara 196 gram manggis kandungannya berupa kalori 143 kalori, karbohidrat 35 gram, serat 3,5 gram, lemak 1 gram, dan protein 1 gram.

Baca juga:7 Manfaat Sayur Pakis untuk Kesehatan, Mampu Menyehatkan Jantung, Tulang dan Mata

Selain itu, ada pula vitamin C 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian, vitamin B9 (asam folat) 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian, vitamin B1 (tiamin) 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian, dan vitamin B2 (riboflavin) 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian. 

Buah manggis juga mengandung mangan 10 persen dari jumlah kebutuhan mangan harian, tembaga 7 persen dari jumlah kebutuhan tembaga harian, dan magnesium 6 persen dari jumlah kebutuhan magnesium harian. 

Dengan kandungan berupa vitamin dan mineralnya, buah manggis penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan pensinyalan saraf.  

Selain itu, 196 gram buah manggis menyediakan hampir 14 persen dari jumlah kebutuhan serat harian yang baik untuk tubuh. Buah manggis juga termasuk makanan sehat rendah kalori. 

Baca lagi:5 Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa, Sumber Energi hingga Meningkatkan Kesehatan Otak

Berikut ini manfaat buah manggis seperti dilansir dari yankes.kemkes:

1. Sumber antioksidan, anti kanker dan antiinflamasi

Buah manggis mengandung zat yang disebut xanthone, yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis. Senyawa ini berkhasit sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi. 

Selain itu, xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: