Dukung Tahapan Pilkada, Dindukcapil Kabupaten Pekalongan Gencarkan Perekaman KTP-el

Dukung Tahapan Pilkada, Dindukcapil Kabupaten Pekalongan Gencarkan Perekaman KTP-el

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Turut dukung tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan jemput bola rekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Kepala Dindukcapil Kabupaten Pekalongan, Ajid Suryo Pratondo saat di konfirmasi menyampaikan, Program jemput bola KTP-el ini merupakan komitmen Disdukcapil dalam mendukung pelaksanaan Pilkada November 2024 mendatang.

“Sebelumnya pada Bulan Ramadhan lalu kita telah melakukan di Kecamatan Kesesi dengan target 1.985 dan terekam 1.261 dan sisanya tidak hadir karena berada perantauan,” katanya.

Dijelaskannya, secara keseluruhan, target perekaman KTP-el bagi pemilih pemula se Kabupaten Pekalongan adalah 23.134 orang. 

“Kalau menurut data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebenarnya kita ada warga yang belum ber KTP-el sebanyak 14 ribuan dari total 734.869 warga yang wajib ber KTP. Namun menurut data KPU, juga dimasukkan warga yang nanti berumur 17 tahun pada November 2024,” jelas Ajid.

Ajid menambahkan, program jemput bola akan menyasar seluruh desa dan kecamatan di Kota Santri dan ditarget program ini akan berakhir pada Bulan Desember nanti.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Lailatul Izzah menyampaikan, Pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024 baik untuk calon perseorangan maupun dari Partai Politik. 

Pihaknya sangat berterimakasih kepada Disdukcapil Kabupaten Pekalongan yang turut mendukung tahapan pilkada tahun 2024 ini dengan jemput bola Perekaman KTP elektronik ke 19 kecamatan yang ada.

"Untuk pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan akan dimulai pada 5 Mei dengan syarat dukungan minimal 7,5 persen dari jumlah DPT Kabupaten Pekalongan yakni 734.636 pemilih, itu berarti dukungan untuk calon perseorangan di Kota Santri pada kisaran 55 ribu pemilih,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: