Masa Kecil dan Perjalanan Pendidikan KH Anshor Pekalongan, Ayah dari KH Zakaria Anshor Medono

Masa Kecil dan Perjalanan Pendidikan KH Anshor Pekalongan, Ayah dari KH Zakaria Anshor Medono

KH. Anshor bin Abdullatif Pekalongan-Buku "Jejak Dakwah Ulama Nusantara"-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Masa kecil dan perjalanan pendidikan KH Anshor Pekalongan ini sangat menarik untuk dibaca dan diteladani.

Kota Pekalongan memiliki ulama alim sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Mubarok, yakni Alm. KH Zakaria Anshor.

Beliau adalah santri kesayangan Maulana Habib Luthfi bin Yahya, KH. Zakaria lah yang dahulu membacakan kitab Jami'il Ushul Fiil Auliya saat acara kliwonan di Kanzus Shalawat, sekarang digantikan putra beliau.

Kyai Zakaria lahir dari keluarga ulama yang alim, ayahnya bernama KH. Anshor bin Abdullatif juga memiliki keilmuan yang tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:Kisah Teladan Habib Hasyim bin Yahya Pekalongan, Kakek Habib Luthfi bin Yahya

Artikel ini akan membahas masa kecil dan perjalanan pendidikan KH. Anshor Pekalongan, sehingga kita akan maklum jika beliau dan keturunannya menjadi ulama-ulama yang luar biasa.

Melansir dari buku "Jejak Dakwah Ulama Nusantara" yang disusun oleh tim PCNU Kota Pekalongan, Kyai Anshor lahir pada tanggal 23 April 1939 M.

Beliau adalah putra dari pasangan orang alim sekaligus sholeh, ayahnya bernama Kyai Abdullatif, sedangkan ibu beliau bernama Nyai Ruqayah.

Sebelum kelahiran Kyai Anshor, Ibu Nyai Ruqayah mendapatkan isyarat melalui mimpi, dalam mimpi tersebut terlihat bulan jatuh di pangkuan Nyai Ruqayah, lalu beliau pun menimangnya.

BACA JUGA:KH Syafi'i bin KH Abdul Majid Pringlangu: Kisah Unik, Mendirikan SMK Syafi'i Akrom, dan Hari Wafatnya

BACA JUGA:KH. Ghufron Achid Pekalongan: Jasa Besarnya dalam Mengembangkan Dunia Pendidikan di Kota Pekalongan

Masa Kecil KH. Anshor

Kyai Anshor menghabiskan masa kecilnya di Medono, Pekalongan di bawah asuhan dan didikan ayahandanya dan kyai-kyai sekitar.

Semasa kecil Kyai Anshor dianggap nakal karena beberapa tingkahnya, ini disebabkan karena rasa penasaran dan selalu ingin tahu beliau sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: