Inilah Sosok Kyai Alim yang Pernah Menjadi Ketua Pengurus Masjid Jami' Kauman Pekalongan

Inilah Sosok Kyai Alim yang Pernah Menjadi Ketua Pengurus Masjid Jami' Kauman Pekalongan

Masjid Jami' Pekalongan-pojokcerita-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kyai alim yang pernah menjadi ketua pengurus Masjid Jami' Kauman ini memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat mumpuni.

Kota Pekalongan memiliki masjid jami' tua yang masih mempertahankan bangunan klasiknya.

Masjid yang terletak persis di sebelah barat Alun-alun Kota Pekalongan itu dikenal dengan nama Masjid Agung Al-Jami' Kauman Pekalongan.

Banyak dari kalangan ulama yang pernah menjadi pengurus Masjid Jami' Kauman, di antaranya adalah tokoh yang akan kita bahas kali ini.

BACA JUGA:Sosok Kyai Besar dari Pekalongan Ini Pernah Ditawari Jin dari Cirebon agar Dibawa ke Pekalongan

Lahir di daerah di mana Masjid Jami' Kauman berdiri, tokoh alim dan bijaksana ini sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat.

Beliau adalah KH. Dimyati Ambari, lahir pada tanggal 31 Desember 1932 M di Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Melansir dari buku "Jejak Dakwah Ulama Nusantara" yang disusun oleh tim PCNU Kota Pekalongan, KH. Dimyati atau yang akrab disapa Kang Dim lahir dari pasangan KH. Ambari bin Fadhil dan Hj. Maemunah binti Umar.

Kang Dim mendapatkan pendidikan agama dari ulama besar di Pekalongan pada saat itu, yakni KH. Yusuf Sirodj Bandengan dan KH. Nachrowi Landungsari. Sedangkan pendidikan formalnya, beliau rampungkan sampai tingkat aliyah.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Pekalongan: Habib Abu Bakar bin Thoha bin Yahya Kayugeritan, Wali Besar Sekaligus Juru Damai

BACA JUGA:Kyai Amir Idris Simbang Kulon, Ulama Besar Santri Kesayangan KH Sholeh Darat dan Syekh Mahfud Termas

Kyai alim yang pernah menjadi ketua pengurus Masjid Jami' Kauman itu memiliki kebijaksanaan dan jiwa kepemimpinan yang mumpuni.

Hal tersebut beliau dapatkan salah satunya dari pengalaman organisasi yang pernah Kyai Dimyati ikuti, di antaranya adalah IPNU, Anshor, Hizbul Wathan, dan Pramuka.

Setelah melewati banyak pengalaman di organisasi bahkan dunia politik, pada tahun 1982 KH. Dimyati Ambari menjadi ketua umum Yayasan Salafiyah yang menaungi MSI 01 Kauman, MSI 02 Keputran, MSI 05 Sampangan, SMP Salafiyah, dan MA Salafiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: