Bukan Cuma Aki, Ternyata 6 Komponen Ini Akan Beresiko Rusak Apabila Mobil Jarang Dipakai

Bukan Cuma Aki, Ternyata 6 Komponen Ini Akan Beresiko Rusak Apabila Mobil Jarang Dipakai

Bukan Cuma Aki, Ternyata 6 Komponen Ini Akan Beresiko Rusak Apabila Mobil Jarang Dipakai -Youtube.com/Tips Otomotif Channel-

BACA JUGA:Para Driver Taksi Online Harus Tahu! Inilah 5 Rekomendasi Ban Mobil LCGC Terbaik, Lengkap dengan Harganya

Hal ini bisa memicu terjadinya pengembunan maka bahan bakar dapat bercampur dengan air yang menguap. Kualitas BBM akhirnya akan berkurang dan potensi karat pada tangki serta saluran BBM muncul. 

Agar tidak terjadi pengendapan bahan bakar, sebaiknya hidupkan mesin secara rutin dan pastikan pula filter BBM selalu bersih dengan menjalankan servis berkala.

3. Cakram Rem Berkarat

Komponen ini akan beresiko rusak apabila mobil jarang dipakai yang ketiga adalah cakram rem berkarat. Karat pada cakram rem adalah proses alamiah yang dapat terakselerasi jika mobil jarang dijalankan. 

Apabila hal ini terjadi, performa pengereman akan berkurang pula sehingga karat tersebut akan raib otomatis saat rem mobil dioperasikan.

BACA JUGA:Anti Boros! 6 Rekomendasi Motor Matic 150cc Untuk Harian, Siap Menemani Mobilitas Kamu

BACA JUGA:Siap-Siap! All New Suzuki Swift 2024 Dikabarkan Akan Segera Meluncur, Konsumsi Bahan Bakarnya Semakin Irit!

4. Saluran AC Berdebu

Komponen ini akan beresiko rusak apabila mobil jarang dipakai yang keempat adalah saluran AC berdebu. Debu akan berkumpul di sistem pendinginan kabin yang jarang aktif. 

Hal ini tidak sehat, karena kualitas udara dalam kabin mobil sudah tereduksi. Sebaiknya, nyalakan AC minimal 10 menit, satu kali dalam sepekan. 

Pastikan juga filter kabin terjaga kebersihannya.

5. Cairan Mobil Rusak

Komponen ini akan beresiko rusak apabila mobil jarang dipakai yang kelima adalah cairan mobil rusak. Berbagai cairan mobil berpotensi rusak, apabila bercampur uap air, jika mobil lama menganggur. 

BACA JUGA:Siap Merebut Pasaran! Yamaha Mio 2024 Hadir dengan Bagasi yang Luas, Harganya Terjangkau!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: