Jelang Idul Adha, Dislutkanak Batang Minta Masyarakat Batang Beli Hewan Kurban Ber-SKKH

Jelang Idul Adha, Dislutkanak Batang Minta Masyarakat Batang Beli Hewan Kurban Ber-SKKH

EDUKASI - Menjelang Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban, Dinas Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang memberikan edukasibJuru Penyembelih Halal (Juleha). -IST-IST

IST 

 

EDUKASI - Menjelang Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban, Dinas Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang memberikan edukasibJuru Penyembelih Halal (Juleha). 

 

BATANG, RADAR PEKALONGAN. DISWAY. ID - Jelang Idul Adha, Dislutkanak Batang mengimbau masyarakat untuk memilih hewan kurban yang mengantongi Surat Keterangan Kesehatan hewan (SKKH). Hal ini sebagai salah satu syarat untuk mengetahui hewan tersebut layak dan bebas penyakit untuk dijadikan hewan kurban. 

Selain itu Dislutkanak juga memberikan edukasi kepada takmir dan Juru Penyembelih Halal (Juleha). Mereka diharap agar dalam proses penyembelihan tetap sesuai syariat Islam.

"Saat ini kami belum menemuka kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Oleh karenanya hewan ternak yang akan dikurbankan wajib memiliki SKKH. Sehingga masyrakat yang ingin berkurban bisa mendapatkan ternak yang layak dan sesuai syariat.

BACA JUGA:Inilah 3 Manfaat Kurban, Salah Satunya Hewan Kurban Akan Datang di Hari Kiamat Jadi Saksi

Kami tekankan agar daging kurban itu tetap Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH), sebelum dikonsumsi," ujar Kepala Dislutkanak Batang Windu Suriadji di Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban  di Hotel Dewi Ratih Batang, Rabu 29 Mei 2024. 

BACA JUGA:DKPP Kabupaten Pekalongan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban, Ditemukan Ternak Terindikasi PMK dan LSD

Meski belum ada temuan ternak yang terindikasi PMK, Dislutkanak bersama jajaran Polres dan Kodim Batang, mulai intens melakukan pemantauan langsung ke pusat-pusat penjualan hewan kurban.

Sementara itu, Kepala bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkanak Batang Syam Manohara menerangkan, kepemilikan SKKH menjadi penting karena merupakan patokan bagi calon hewan kurban. 

“Ini demi memberikan kepastian, hewan yang akan disembelih sudah sesuai berat, usai hingga kondisi kesehatannya,” ujar dia.

Jumlah keseluruhan hewan kurban yang tersebar di Kabupaten Batang mencapai 17 ribu ekor. Berdasarkan data 2023 lalu, hewan yang telah dipotong sebanyak 2.068 ekor sapi, 2 ekor kerbau dan 3.741 ekor kambing/domba. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan