Hari Lahir Pancasila 2024: Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan Tekankan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2024: Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan Tekankan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu 1 Juni 2024. 

Upacara yang berlangsung di halaman kantor tersebut dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, termasuk para penyuluh, pengawas, penghulu, dan para Kepala KUA Kecamatan.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni. Dalam amanatnya, Imam Tobroni menyampaikan teks pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Pidato tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Dalam suasana yang khidmat, seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian acara dengan penuh semangat dan rasa kebangsaan. Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara dan teks pembukaan UUD 1945

Imam Tobroni dalam amanatnya juga menyampaikan pesan untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam melayani masyarakat serta menjaga kerukunan umat beragama. 

“Pancasila bukan hanya sekedar dasar negara, tetapi juga merupakan pemersatu bangsa. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Upacara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan ASN Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan serta masyarakat luas. 

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen penting untuk merefleksikan dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: