Rois Syuriah PCNU Kota Pekalongan: Kiai NU Perintah H Muhtarom Maju Pilkada

Rois Syuriah PCNU Kota Pekalongan: Kiai NU Perintah H Muhtarom Maju Pilkada

H Muhtarom, Ketua PCNU Kota Pekalongan.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Nama H Muhtarom, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, santer dikabarkan akan ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan.

Berkaitan dengan akan majunya H Muhtarom tersebut, Rois Syuriah PCNU Kota Pekalongan KH Romadlon Abdul Jalil menkonfirmasi adanya perintah dari para Kyai NU kepada H Muhtarom untuk maju di Pilkada Kota Pekalongan tahun 2024.

"Memang setelah Tim Siyasah terbentuk dan sowan dengan para kiai serta kasepuhan, selanjutnya memerintahkan kepada H Muhtarom untuk ikut dalam kontestasi Pilkada. Jadi ini perintah kiyai, bukan keinginan dari yang bersangkutan." jelas Kiai Romadlon, Sabtu, 8 Juni 2024.

Berdasarkan informasi yang didapat, Tim Siyasah sendiri dibentuk PCNU menjelang perhelatan Pilkada 2024. Tim Siyasah ini dibentuk berdasarkan amanat hasil rapat pengurus harian Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Hindari Benturan Kepentingan saat Pilkada, PCNU Kota Pekalongan Membentuk Tim Siyasah

BACA JUGA:Ketum PBNU Lantik Pengurus PCNU Kota Pekalongan

Menurut Kiai Romadlon Abdul Jalil yang juga Ketua Tim Siyasah menjelaskan, salah satu tujuan dibentuknya Tim Siyasah adalah sebagai upaya untuk menghindari adanya benturan kepentingan di lingkungan NU saat perhelatan Pilkada berlangsung.

"Para kyai menilai, perjuangan agenda NU itu tepat bila diamanatkan kepada kader yang dipilih melalui mekanisme organisasi," ungkapnya.

Lebih lanjut KH Romadlon menegaskan kalau NU beserta seluruh banomnya itu bukan organisasi politik, dan tidak boleh menggunakan organisasi sebagai kendaraan politik.

Tapi, pengurus NU memiliki kewajiban untuk memperjuangkan agenda-agenda NU, secara internal PCNU akan diatur sesuai perkum.

Dari proses di internal organisasi itu, kemudian menghasilkan keputusan satu nama yang ditugasi dalam kontestasi Pilkada.

"Selanjutnya, PCNU menyerahkan sepenuhnya ke mekanisme partai," pungkas Kiai Romadlon.

Partai yang Meminta Nama ke PCNU

Munculnya nama H Muhtarom dalam kontestasi Pilkada 2024 juga diawali dari adanya permintaan nama dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Pekalongan ke PCNU Kota Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: