Naik Traktor, Dandim Pekalongan bersama Wali Kota Buka Lahan Tidur Terdampak Rob di Krapyak

Naik Traktor, Dandim Pekalongan bersama Wali Kota Buka Lahan Tidur Terdampak Rob di Krapyak

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya dan Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid menaiki traktor, menandai pembukaan lahan tidur di Kelurahan Krapyak, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Kamis, 20 Juni 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID — Komandan Kodim (Dandim) 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han. bersama Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid membuka lahan tidur terdampak rob di Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Kamis, 20 Juni 2024.

Pembukaan 'lahan tidur' seluas 5 hektare oleh Kodim Pekalongan bekerja sama dengan Pemkot Pekalongan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi pangan khususnya di wilayah Kota Pekalongan.

Secara simbolis pembukaan lahan dilaksanakan oleh Dandim 0710/Pekalongan bersama Wali Kota Pekalongan dengan menaiki traktor, yang mana alat tersebut yang digunakan untuk pengolahan lahannya.

Dandim Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya menyampaikan bahwa pembukaan lahan ini sebagai upaya TNI dan Pemkot untuk menghidupkan kembali lahan pertanian yang sudah 10 tahun lebih terendam rob.

BACA JUGA:Pakai Bantuan Drone, Kodim dan Pemkot Pekalongan Buka Lahan Tidur di Degayu Pekalongan Utara

Apabila pembukaan lahan ini berhasil dan lahan yang tadinya terbengkalai akibat terendam rob bisa kembali produktif dan bisa menghasilkan, juga bisa menjadi contoh kepada masyarakat untuk kembali membuka lahan sawah mereka yang sudah lama tidak produktif.

"Ini adalah upaya kita bersama antara Kodim 0710/Pekalongan dengan Pemerintah Kota Pekalongan. Mudah-mudahan pertanian di Kota Pekalongan ini kembali aktif dan bisa memberikan suplai beras yang cukup untuk ketahanan pangan," ujar Letkol Rizky.

Ia menambahkan, keterlibatan langsung Kodim Pekalongan dalam upaya mensukseskan pembukaan lahan baru ini adalah melakukan pendampingan serta pengerahkan anggota untuk terlibat langsung dalam pengolahan lahan sampai dengan panen.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid di tempat yang sama menyampaikan apresiasi atas upaya yang diambil oleh Kodim 0710/Pekalongan yang sudah menginisiasi pembukaan lahan baru.

Yang mana, sebelumnya lahan tersebut tidak produktif untuk peningkatan produksi pangan di Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Lahan Tidur jadi Kebun Jagung

"Alhamdulillah penanganan banjir dan robnya sudah selesai sudah efektif di daerah ini, ya mudah-mudahan atas inisiasi kodim 0710 bersama Dinperpa dan kelompok tani, untuk bagaimana kita menghidupkan lagi pertanian ini," katanya.

"Ini adalah langkah positif dalam mendukung sektor pertanian dan meningkatkan produksi pangan di Kota Pekalongan," sambung Aaf, sapaan akrabnya.

Ditambahkan Aaf, untuk sementara uji coba pembukaan lahan ada 5 hektare dari 95 hektare yang ada, dan berharap bisa efektif karena bibit padi yang digunakan juga berbeda yaitu jenis padi yang tahan air payau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: