Tim KKN Unikal Sosialisasikan Pemanfataan Tanaman Obat ke Ibu-Ibu Desa Bukur

Tim KKN Unikal Sosialisasikan Pemanfataan Tanaman Obat ke Ibu-Ibu Desa Bukur

Tim KKN Unikal saat menyerahkan tanaman obat secara simbolis kepada perwakilan ibu-ibu di Desa Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan-ISTIMEWA-

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Tim KKN Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar sosialisasi dan penyuluhan pemanfaatan tanaman obat kepada ibu-ibu anggota kelompok senam Primadona di Desa Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan sosialisasi sekaligus dirangkai dengan penanaman tanaman obat bersama-sama.

Kegiatan tersebut dipilih karena potensi Desa Bukur yang memiliki letak geografis strategis dan tanah yang subur, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, pengetahuan masyarakat terkait potensi dan khasiat tanaman obat juga tergolong masih minim.

Perwakilan Tim KKN Unikal di Desa Bukur, Hery Ardianto mengatakan, Tim KKN Unikal merasa perlu adanya pemberian informasi, pengetahuan, terkait dengan khasiat tanaman obat. Selanjutnya, tim merumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan dan dipilih kegiatan penyuluhan dan penanaman tanaman obat bersama.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi tanaman khasiat obat di taman desa setempat pada 23 Juni 2024. Sosialisasi dan penyuluhan yang diberikan yaitu berupa manfaat dan khasiat berbagai jenis tanaman obat dan cara pengolahannya.

Usai kegiatan penyuluhan, dilakukan penanaman bersama beberapa jenis tanaman khasiat obat yang dilaksanakan di pojok alas desa oleh Tim KKN Unikal bersama ibu-ibu di Desa Bukur.

BACA JUGA:KKN-T Inovasi IPB Edukasikan Budikdamber Warga Desa Jagung

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Polsek Karanganyar Ikut Donor Darah KKN Undip

Dikatakan Hery, tanaman obat yang ditanam dalam kegiatan tersebut di antaranya jahe, kunyit dan kencur. Ketiga tanaman itu dipilih karena memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Tim KKN Unikal yang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Bukur, terdiri dari 10 mahasiswa dari berbagai fakultas. Selain kegiatan utama berupa sosialisasi dan penyuluhan tanaman obat, kelompok mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN sejak 11 Juni hingga 12 Juli 2024 itu juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya.

Di antaranya sosialisasi kesehatan reproduksi di SMP Bojong, sosialisasi cuci tangan yang benar di SD Bukur, sosialisasi rambu-rambu lalu lintas di SD Bukur, melaksanakan Posyandu balita, dan lansia, sosialisasi pembagian sampah organik dan anorganik, pembagian tong sampah serta membuat pojok baca literasi di taman desa.

Diharapkan, berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim KKN Unikal bisa membawa dampak positif untuk masyarakat di Desa Bukur.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: