Jaga Ekosistem Air Tawar di Sungai Welo Doro, Inilah Upaya Komunitas Pancing Bersama Warga dan Babinsa Doro

Jaga Ekosistem Air Tawar di Sungai Welo Doro, Inilah Upaya Komunitas Pancing Bersama Warga dan Babinsa Doro

Babinsa Koramil Doro dampingi komunitas pancing dan warga Desa Lemahabang pasang spanduk larangan meracun dan mengebom ikan di Sungai Welo Doro.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID – Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem air tawar, warga dilarang meracun dan mengebom ikan di Sungai Welo Doro.

Larangan itu tercantum dalam spanduk larangan meracun dan mengebom ikan di aliran Sungai Welo yang dipasang oleh warga Desa Lemahabang Kecamatan Doro dan komunitas pancing Kabupaten Pekalongan. 

Babinsa Koramil Doro, Serda Hartawan dan Kopda Wawan Yuliyanto, ikut mendampingi saat warga Desa Lemahabang dan komunitas pancing memasang spanduk larangan meracun dan mengebom ikan di aliran Sungai Welo, Senin, 29 Juli 2024. 

Pemasangan spanduk ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam, terutama perairan sungai yang sering menjadi target praktik ilegal seperti meracun dan pengeboman ikan. 

Kedua babinsa tersebut turut aktif dalam memotivasi warga untuk ikut serta menjaga lingkungan mereka.

Baca juga:Babinsa Koramil Doro Pekalongan Dukung Percepatan Masa Tanam di Desa Harjosari

"Kami berharap dengan adanya pemasangan spanduk ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam," ujar Serda Hartawan.

Dikatakan, praktik meracun dan mengebom ikan tidak hanya merusak ekosistem, tetapi juga membahayakan kesehatan manusia.

Komunitas Pancing yang turut serta dalam kegiatan ini juga menunjukkan dukungan penuh. Mereka menyadari bahwa keberlangsungan hobi mereka sangat bergantung pada kelestarian ekosistem sungai dan pihaknya siap bekerja sama dengan babinsa serta masyarakat dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi terkait larangan tersebut.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga setempat yang turut berpartisipasi dalam pemasangan spanduk dan berjanji untuk menjaga sungai dari praktik-praktik yang merusak. 

Para warga berharap agar kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan secara berkala untuk memastikan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Dengan sinergi antara TNI, komunitas, dan masyarakat, diharapkan Sungai Welo dapat tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari praktik-praktik merusak. 

"Langkah ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan sehat bagi generasi mendatang," ujar Hartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: