Punya Teknologi Canggih, Samator Resmikan Pabrik Baru di KITB dengan Total Investasi Rp500 Miliar

Punya Teknologi Canggih, Samator Resmikan Pabrik Baru di KITB dengan Total Investasi Rp500 Miliar

Punya Teknologi Canggih, Samator Resmikan Pabrik Baru di KITB dengan Total Investasi Rp500 Miliar -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Perusahaan produsen gas industri terbesar dan terkemuka di Indonesia, PT Samator Indo Gas Tbk,  meresmikan pabrik baru berteknologi canggih ke-56 di Kawasan Industri Terpadu BATANG (KITB). Samator menanamkan investasi di KITB atau Grand BATANG City mencapai Rp500 miliar. 

"Dengan kapasitas produksi yang besar dan teknologi canggih, pabrik ini akan mampu memenuhi kebutuhan gas industri yang terus meningkat, baik untuk sektor industri besar maupun UMKM,” jelas Direktur Utama PT Samator Indo Gas Tbk, Rachmat Harsono, Senin 30 September 2024.

Disebutkannya, hadirnya pabrik baru ini menjadi komitmen Samator dalam mendukung pertumbuhan industri di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

BACA JUGA:63 Sekolah di Batang Ikuti Lomba PBB HUT TNI ke-79

KITB dipilih sebagai lokasi pabrik baru lantaran punya potensi pertumbuhan industri yang sangat besar. Selain itu ada dukungan pemerintah, dan punya infrastruktur yang memadai. 

“Kami yakin bahwa keberadaan pabrik ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional,” tambahnya.

Tak sekadar baru, Samator juga menghadirkan teknologi canggih dan ramah lingkungan. Pabrik ini dilengkapi dengan Air Separation Units (ASU) 7000 yang memungkinkan untuk memproses produksi yang optimal.

BACA JUGA:Calon Gubernur Jateng Andika Perkasa Jalanin Tradisi Jalan Kaki Memutari Lapangan Kenconorejo Batang

Teknologi baru dapat menghasilkan 7000 Liquid Oxygen (LOX), 7000 Liquid Nitrogen (LIN), dan 280 Liquid Argon (LAR).

Selain itu, pabrik juga menggunakan dua turbine expander (satu sebagai cadangan) dan Safety Instrumented System (SIS) menjamin keselamatan operasional dan keamanan aliran oksigen. Samator berkomitmen menjalankan bisnis yang berkelanjutan.

"Kami juga menggunakan Crossflow Induced Draft Cooling Tower yang efisien serta memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber energi ramah lingkungan. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk mengadopsi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien dalam setiap proses produksi,” tegas Rachmat.

Selain memberikan kontribusi bagi pertumbuhan industri, pabrik baru Samator juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. 

Di antaranya yaitu penciptaan lapangan kerja baru untuk  meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Peningkatan pendapatan daerah melalui sektor pajak dan retribusi diharapkan akan meningkat. Lalu juga komitmennya untuk pemberdayaan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: