Cegah Corona, DMI Imbau Jamaah Bawa Sajadah, Kalau Sakit Flu Sholat Di Rumah

Cegah Corona, DMI Imbau Jamaah Bawa Sajadah, Kalau Sakit Flu Sholat Di Rumah

Surat DMI Pusat. (Rmol)

Adanya kasus positif wabah corona baru atau Covid-19 di Indonesia turut menjadi perhatian Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Melalui surat bernomor 041/PP-DMI/A/II/2020 seperti dilansir RMOL, Rabu (4/3), DMI mengeluarkan imbauan sanitasi siaga masjid dan mushala kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, kecamatan hingga ranting DMI.

Ada enam poin dalam surat imbauan tersebut. Pertama, seluruh jajaran DMI diminta teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushala dengan cairan disinfectant.

Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alat sholat lainnya dengan rutin/konstan (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan). Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toliet dengan cairan disinfectant.

"Mengimbau para jamaah sholat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing," bunyi poin keempat dalam imbauan yang ditandatangani Ketua Umum DMI, HM Jusuf Kalla, Senin (2/3).

Para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit flu atau salesma untuk melaksanakan sholat di rumah masing-masing hingga sembuh.

"Ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masid/mushola," demikian imbauan tersebut. (rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: