Gus Dur yang Gemar Memakai Batik sampai Penyuka Musik Klasik

Gus Dur yang Gemar Memakai Batik sampai Penyuka Musik Klasik

Gus Dur yang Gemar Memakai Batik sampai Penyuka Musik Klasik-islamramah.co-

Batik yang selalu dikenakan Gus Dur adalah pilihan istri tercintanya, Ibu Nyai Sinta Nuriyah. Inayah Wahid menjelaskan, "Karena bapak tidak bisa melihat, semua kemeja batik yang dikenakan adalah pilihan ibu, bukan memakai jasa konsultan mode atau apalah"

BACA JUGA:Kebiasaan dan Kegemaran KH Hasyim Asy'ari yang Jarang Diketahui

Selain itu Gus Dur juga menjelaskan bahwa sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia mencintai kebudayaan Indonesia, termasuk batik.

Saat diajak Gus Dur ke Amerika Serikat untuk menghadiri konferensi internasional pada tahun 1955, Inayah Wahid sempat dibisiki Gus Dur, "Tuh, kamu lihat, orang bula pun suka batik. Bahkan mau belajar mengenal batik kita. Kamu harus bangga batik Indonesia tidak kalah dengan kain brand asing" kata Inayah menirukan ucapan bapaknya.

Menyukai Musik Klasik

Kegemaran Gus Dur lain yang dikisahkan dalam buku "Kebiasaan Sehari-hari Para Guru Bangsa" adalah mendengarkan musik-musik klasik.

Saking sukanya beliau pada musik-musik klasik, saat di rumah sakit, ketika mendapatkan penanganan khusus dari tim dokter, Gus Dur meminta dibawakan CD musik Beethoven kesayangannya.

BACA JUGA:Hukum Menikah via Online Menurut Ustaz Abdul Somad dan Kisah Pernikahan Gus Dur

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ahmad Al-Athas dengan Habib Hasyim bin Yahya, Kakek dari 2 Ulama Besar Asal Pekalongan

Jadi selama mendapat penanganan, Gus Dur terlihat mengenakan headset untuk mendengarkan musik yang ia suka. Menurut adiknya, Hasyim Wahid, Gus Dur memang menyukai musik klasik, di antaranya Beethoven dan Mozart.

Itulah sisi Gus Dur yang gemar memakai batik sederhana sampai menyukai musik-musik klasik. Demikian semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: