Dikejar Warga, Dua Pencuri Baterai PJU di Petungkriyono asal Pemalang Nyungsep ke Sawah

Dikejar Warga, Dua Pencuri Baterai PJU di Petungkriyono asal Pemalang Nyungsep ke Sawah

Dua pencuri baterai PJU di Petungkriyono penuh lumpur lantaran nyungsep ke sawah saat dikejar warga.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Tertangkap tangan mencuri baterai baterai lampu penerangan jalan umum (PJU) di wilayah pegunungan Petungkriyono Pekalongan, dua pencuri nyungsep ke sawah saat dikejar warga. 

Tak pelak, dengan tubuh penuh lumpur, kedua pencuri ini diamankan oleh warga dan diserahkan ke Polsek Petungkriyono. Kedua pencuri ini berasal dari Pemalang berinisial S (30) dan NB (27).

Kasi Humas Polres Pekalongan Iptu Suwarti, Rabu, 16 Oktober 2024, menerangkan, Polsek Petungkriyono telah mengamankan dua pelaku pencurian lampu penerangan jalan. Kedua pelaku ini tertangkap tangan oleh warga. 

"Peristiwa tersebut terjadi pada Senin petang, sekitar pukul 18.30 WIB," kata Iptu Suwarti.

Dikatakan, kedua pelaku melakukan aksinya di Jalan Raya Petungkriyono - Doro, tepatnya di Dukuh Tembelan, Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono.

Baca juga:PJU Kerap Dicuri, Pelaku Nyaru Petugas Dishub

Kedua pelaku berinisial S (30) dan NB (27), keduanya warga Kabupaten Pemalang.

"Para pelaku ini mengambil baterai lampu penerangan jalan dengan cara memanjat tiang lampu penerangan. Di wilayah pegunungan, lampu penerangan jalannya menggunakan tenaga surya," kata dia.

Dijelaskan, aksi kedua pelaku itu tertangkap tangan oleh warga sekitar. Pada saat itu, ada warga sedang membakar jerami di sawah.

Ia mendengar suara 'gubrak' di tepi jalan yang berjarak sekitar 150 meter dari lokasinya membakar jerami. 

Saksi kemudian mendatangi sumber suara. Ia melihat ada dua orang yang tidak dikenal sedang mengambil baterai yang berada di dalam boks tiang lampu penerangan jalan.

"Jadi posisi para pelaku ini, satu orang berada di atas memanjat tiang lampu, dan satunya berada di bawah untuk berjaga,” terangnya.

Para pelaku akhirnya dibawa ke perkampungan di Dukuh Tembelan. Saat ditanyai oleh warga, mereka mengakui telah melakukan pencurian sebanyak lima buah baterai lampu penerangan jalan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan.

Petugas Polsek Petungkriyono yang mendapat informasi atas kejadian tersebut, segera mendatangi lokasi guna mengamankan kedua pelaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: