Membanggakan, SDN Kenconorejo 03 Tulis Batang Sukses Raih Predikat Adiwiyata Nasional

Membanggakan, SDN Kenconorejo 03 Tulis Batang Sukses Raih Predikat Adiwiyata Nasional

SDN Kenconorejo 03 Tulis Batang Sukses Raih Predikat Adiwiyata Nasional -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - SDN Kenconorejo 03 Tulis BATANG berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dimana pada 2-3 Oktober lalu, mereka menerima penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional

Penghargaan tersebut secara langsung diberikan oleh Menteri Kehutanan Dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, di Auditorium Manggala Wanabakti. 

Kepala SDN Kenconorejo 03 Tulis, Salamah menyebut pihaknya telah melakukan penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH) sejak tahun 2019. SDN Kenconorejo sendiri merupakan sekolah Adiwiyata mitra sekolah imbas SDN Ponowareng 01 Tulis, binaan PT Bimasena Power Indonesia. 

BACA JUGA:DLH Batang Dorong Sekolah di Batang Jadi Sekolah Adiwiyata

"Pada 2-3 Oktober lalu, kami mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Ini menjadi penyemangat kami untuk terus menerapkan PRLH," ujarnya saat diwawancarai, Kamis 10 Oktober 2024. 

Sekretaris Tim Adiwiyata SDN Kenconorejo 03 Tulis, Tina Lusiati menjelaskan, selain PRLH pihaknya juga memiliki beberapa inovasi. Seperti minuman Lejare (Lemon Jahe dan Serai), keripik daun singkong, dan ada juga puisi bertema lingkungan hidup dari guru maupu siswa, serta lagu LISA. 

BACA JUGA:SMA Negeri 1 Pekalongan Berhasil Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2024

"Untuk Produk Makanan dan Minuman, semua itu dihasilkan dari produk kebun sekolah. Sedangkan untuk lagu dan puisi merupakan hasil dari guru dan murid," jelasnya. 

Penerapan PRLH sendiri sudah menjadi bagian dari aktivitas warga. SDN Kenconorejo 03 Tulis. Seperti pembiasaan menggunakan wadah bekal dan tumblr, pilah sampah, konservasi energi dan air, dan kegiatan lainnya. 

"Kami berharap dengan predikat Adiwiyata Nasional ini, bisa semakin memacu kami untuk menjadi sekolah. Adiwiyata Mandiri. Selain itu juga bisa memotivasi warga sekolah, dan juga sekolah lain, serta masyarakat untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup," pungkasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: