KPU Kota Pekalongan Tetapkan 6 Panelis Debat Publik Pilwalkot 2024, Ini Daftarnya

KPU Kota Pekalongan Tetapkan 6 Panelis Debat Publik Pilwalkot 2024, Ini Daftarnya

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda.-Dok-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah menetapkan panelis untuk debat publik atau debat terbuka antar Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan tahun 2024.

Penetapan ini dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor 637 Tahun 2024 tentang Penunjukan Panelis Debat Publik atau Debat Terbuka antar Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan.

Dalam Keputusan KPU Kota Pekalongan tersebut, ada enam orang panelis yang telah ditetapkan. Mereka terdiri dari akademisi dan profesional.

Keenam panelis tersebut, yakni: Dr. Mokhamad Arifin, SKp., M.Kep. (Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan); Dr. Mahirun, S.E., M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan); Dr. Paminto Agung Christianto (Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Widya Pratama Pekalongan); Dr. Achmad Muchsin, SHI., M.Hum. (Dosen Fakultas Syari’ah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan); Maghfiroh, S.Si., M.Sc. (Ketua Program Studi Kriya Batik, Fakultas Teknik Universitas Pekalongan); dan Cayekti Widigdo, A.P., M.Si. (Kepala Bappeda, Kota Pekalongan).

BACA JUGA:Akan Digelar Dua Kali, Ini Jadwal Debat Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan

Penetapan panelis debat publik ini memenuhi ketentuan. Di antaranya, panelis debat publik harus berasal dari kalangan profesional, akademisi, dan atau tokoh masyarakat.

Selain itu, panelis yang ditunjuk harus memenuhi kualifikasi yakni memiliki integritas, jujur, dan simpatik, serta bersikap netral dan tidak memihak kepada pasangan calon atau tim kampanye.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda, menjelaskan para panelis tersebut adalah untuk debat pertama maupun debat kedua.

Selain telah menetapkan panelis, pihaknya juga telah menetapkan tema pada debat. "Tema debat I adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, sumber daya manusia, pendidikan dan teknologi, serta kesehatan," jelas Fajar, Senin, 21 Oktober 2024.

Jadwal Debat Publik

 Debat publik atau debat antar pasangan calon akan dilaksanakan dua kali. Debat pertama akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Oktober 2024, pukul 19.00–21.00 WIB di Hotel Dafam Pekalongan.

Sedangkan debat kedua akan dilaksanakan pada Jumat, 8 November 2024, pukul 19.00–21.00 WIB. Kedua debat ini akan disiarkan secara langsung melalui LPPL Batik TV dan Radio Kota Batik.

BACA JUGA:Digelar Dua Kali, Ini Jadwal Debat Paslon Bupati-Wakil Bupati Batang 2024

Dalam Keputusan Nomor 637 Tahun 2024 tersebut, KPU Kota Pekalongan menyampaikan bahwa penetapan panelis ini mematuhi ketentuan Pasal 19 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: