Menggalang Sinergi Mewujudkan Podosugih yang Cantik dan Seksi

Menggalang Sinergi Mewujudkan Podosugih yang Cantik dan Seksi

BERFOTO- Lurah Podosugih, Sudarno, saat meninjau pameran hasil karya KKN dan kerajinan warga binaan di RW 2, kelurahan setempat.

KOTA- Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, bertekad mewujudkan Podosugih "Cantik dan Seksi". Sebagai Lurah baru, Sudarno pun memulai langkahnya dengan membenahi struktur organisasi kelurahan, dari tingkat RT sampai kelurahan itu sendiri.

Dia berharap, sinergi antar lembaga kelurahan juga meningkat. Sementara di kantor kelurahan sendiri dia telah menganalisa efektivitas tupoksi dari para personelnya. "Ini sudah saya laporkan ke Pak Camat. Yang penting ada komitmen dan kebersamaan, utamanya dalam melayani masyarakat," ucap Sudarno.

Dijelaskan, tahun ini pengelolaan anggaran di kelurahan berbeda dengan sebelumnya. Kalau di 2019 dananya tidak banyak, karena langsung dikucurkan dinas terkait ke PKM-LPM. Namun di 2020, dana mengerucut ke kelurahan, menjadi terpusat. "Namun dalam prakteknya nanti, tentu kita tetap akan menggalang kerja sama dengan mitra, LPM-PKM," ujarnya.

Terkait pembangunan fisik, dirinya mengaku menggunakan mekanisme swakelola dengan memberdayakan LKK yang ada, LPM, PKM maupun Karang Taruna dan lainnya. "Kita rangkul bareng untuk memajukan kelurahan Podosugih, agar apa yang menjadi impian warga Podosugih ini bisa terealisasi," katanya.

Demi optimalisasi, lanjut Sudarno, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah OPD. Sebab, pekerjaan infrastruktur ada yang didanai kelurahan, ada juga dari dinas teknis. "Apa yang tidak tercover oleh kelurahan, mudah-mudahan bisa diback up sama dinas," pungkasnya.

Sudarno juga telah membuat terobosan, yakni normalisasi kepengurusan RT-RW. Karena selama ini praktis dipegang seumur hidup.

"Kita re-organisir kepengurusan RT-RW secara serentak di Kelurahan Podosugih dan ini sudah berjalan. Mungkin 90% sudah berjalan, tinggal kita, SK drafnya sudah ada, dan lampiran data tinggal masuk ke Pak Camat. Tinggal 1-2 yang belum melampirkan data kepengurusan itu," jelasnya.

Sudarno menyatakan bersyukur bahwa kelurahannya punya potensi kesadaran di bidang lingkungan yang cukup baik. Bahkan, melalui dukungan mahasiswa KKN Unikal, RW 02 Podosugih sukses memenangkan lomba K3 se Kota Pekalongan. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: