615 Atlet Ikuti Kejuaraan Karate-Do KONI Cup

615 Atlet Ikuti Kejuaraan Karate-Do KONI Cup

FOTO BERSAMA - Ketua DPRD Kota Pekalongan yang juga Pembina Pengkot Forki, Balgis Diab, bersama Ketua KONI, Mochammad C Maretan dan Ketua Forki, M Azmi Basyir berfoto bersama peserta kejuaraan Karate-Do KONI Cup Kota Pekalongan.

KOTA - Sebanyak 615 atlet dari wilayah se eks Karesidenan Pekalongan, meramaikan kejuaraan Karate-Do KONI Cup Kota Pekalongan yang digelar Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11) di Gedung PIBB, Kota Pekalongan. Mereka berasal dari 35 kontingen baik mewakili kabupaten kota, sekolah, dojo atau tempat latihan maupun ranting.

Kejuaraan dibuka oleh Ketua DPRD Kota Pekalongan yang juga Pembina Pengkot Forki Kota Pekalongan, Balgis Diab, bersama Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan, dan Ketua Pengkot Forki, M Azmi Basyir.

Bahkan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan, Balgis sekaligus memberikan hadiah tambahan bagi para pemenang babak best of the best. "Bagi atlet yang juara dalam babak best of the best, saya berikan hadiah tambahan. Hadiah ini jangan dilihat dari jumlahnya, tapi semoga bisa memberikan motivasi besar bagi para atlet," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Balgis sekaligus menyerahkan penghargaan berupa beasiswa kepada salah satu karateka Kota Pekalongan yakni Afdil Kholid yang meraih medali emas di Kejuaraan Asia di Filipina, belum lama ini. Balgis juga menambahkan uang pembinaan sebesar Rp1 juta kepada Afdil.

"Ini merupakan bentuk apresiasi dari Forki kepada atletnya yang berprestasi di tingkat internasional. Bagi atlet karate yang bisa mengukir prestasi serupa, maka akan diberikan hadiah yang sama," tambahnya.

Sehingga dia berharap, kejuaraan yang digelar kali ini juga dapat memunculkan karateka lain yang bisa mengukir prestasi serupa, atau bahkan lebih tinggi. "Kejuaraan ini dapat mengukur kemampuan atlet sekaligus untuk mengasah kemampuan kembali sehingga mampu berprestasi di tingkat yang lebih tinggi," kata Balgis.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan mengatakan, dalam kejuaraan yang diikuti oleh atlet se eks Karesidenan Pekalongan tersebut diharapkan mampu memunculkan atlet handal untuk wilayah masing-masing maupun untuk Jawa Tengah. "KONI menggelar kejuaraan ini sekaligus untuk persiapan dan seleksi ajang Porwil Dulongmas tahun 2020," jelas Maretan.

Selain karate, tambah Maretan, pihaknya juga akan menggelar kejuaraan serupa untuk cabor lainnya sehingga harapannya dapat menuai hasil maksimal dalam Porwil Dulongmas mendatang. "Target kami, sebagai tuan rumah Porwil Dulongmas dapat sukses secara penyelenggaraan dan prestasi," tegasnya.

Dalam kejuaraan tersebut, dipertandingkan kategori kata (jurus) dan juga kumite (pertandingan). Ada tiga kelas yang dipertandingkan mulai mulai dari kadet, junior dan senior. Masing-masing kelompok umur dalam kelas tersebut akan diambil satu pemenang untuk kemudian dipertandingkan memperebutkan best of the best.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: