Kenali 4 Tipe Parenting Style Berikut Ini, yang Manakah Lebih Baik untuk Orang Tua Terapkan?

Minggu 24-09-2023,10:55 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

4. Tipe Pola Asuh Neglectful

Parenting style yang terkahir ini sebaiknya perlu dihindari, sebab pada pola asuh ini orang tua akan cenderung bersikap tidak peduli.

Orang tua tidak memberikan batasan apapun kepada anak, namun tidak juga memperhatikan segala kebutuhan anak, seperti terkesan tidak mau terlibat dan ikut campur urusan anak-anaknya.

Sebenarnya pola asuh ini bisa muncul kemungkinan besar dari orang tua itu sendiri. Bisa saja ada mental yang terganggu atau bahkan orang tua ini memiliki trauma dan pengalaman yang tidak enak selama hidupnya. 

Dari pola asuh ini dampak yang akan ditimbulkan adalah: anak menjadi acuh, tidak bahagia, kurang percaya diri, dan bahkan sampai pada masalah mental. 

BACA JUGA:Orang Tua Diajak Pantau Penggunaan Gadget Anak Usai Dini

Untuk mengatasinya sebaiknya orang tua perlu menyadari lagi tentang tanggung jawabnya sebagai anak, mulailah untuk sedikit memberikan perhatian kepada anak-anak. 

Jadi itulah mengenai pentingnya parenting dan beberapa tipe parenting style yang bisa dijadikan referensi. 

Perlu diingat bahwa orang tua memiliki tanggung jawab sepenuhnya untuk memberikan pengasuhan yang terbaik demi kesejahteraan hidupnya.  Jika kesulitan, mungkin nanti orang tua bisa bekerjasama dengan guru dari anak-anak di sekolahnya. (*)

Kategori :