Ini 8 Manfaat Suplemen Zinc untuk Tubuh serta Makanan dengan Kandungan Zinc Tinggi

Selasa 10-10-2023,03:13 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Ternyata, belum banyak orang yang tahu fungsi dan manfaat Suplemen Zinc untuk Tubuh. Padahal, mineral ini berperan penting bagi tubuh, salah satunya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jika tubuhmu tidak mendapatkan asupan zinc yang cukup, maka kamu akan lebih rentan terhadap gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Lantas, apa saja manfaat Zinc bagi tubuh?

BACA JUGA:Sering Merasa Capek? Ini Dia Rekomendasi 5 Merk Vitamin untuk Badan Pegal dan Sering Capek

BACA JUGA:Cegah Nyeri Setelah Makan, Ini Vitamin Lambung dan Usus yang Baik untuk Sistem Pencernaan

Beragam Manfaat Suplemen Zinc untuk Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mencukupi kebutuhan zinc, kekebalan tubuh dalam melawan dan menetralisir patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, dan jamur, akan meningkat. Dengan begitu, risiko menderita berbagai penyakit pun dapat menurun.

2. Mengurangi Peradangan

Zinc mengurangi stres oksidatif, sehingga peradangan dalam tubuh dapat mereda dan menurunkan risiko terserang penyakit peradangan kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan pneumonia.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Zinc juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Mineral ini berperan penting dalam produksi kolagen, serat protein yang memberikan kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Ketika produksi kolagen dimaksimalkan, luka dapat menyusut dan menutup lebih cepat.

Berkat manfaat seng untuk kulit, seng sering digunakan sebagai bahan dalam obat-obatan untuk mengobati luka bakar, bisul, dan luka lainnya.

4. Tumbuh Kembang Anak

Memenuhi kebutuhan zinc pada anak akan membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Sementara itu, kekurangan asupan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak sehingga menyebabkan keterlambatan motorik dan gangguan kognitif.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kategori :