Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mencegah Osteoporosis

Selasa 07-11-2023,04:07 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

Latihan ini akan menempatkan berbagai beban atau regangan pada tulang, melalui aksi menarik otot secara langsung, dan atau dengan peningkatan efek gravitasi yang bekerja pada tulang ketika kerangkan menopang beban yang lebih berat.

Bentuk-bentuk latihan ketahanan dapat kalian lakukan yakni berdiri dengan jari kaki, mengangkat beban tubuh sendiri dengan latihan seperti push up atau squat, dan latihan menggunakan peralatan seperti latihan pita elastis.

BACA JUGA:9 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Diet DASH, Diet yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Rekomendasi 5 Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil, Dijamin Tekanan Darah Cepat Normal

Latihan ketahanan yang telah terbukti dapat mempertahankan atau meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita yang lebih tua.

Latihan ini umumnya merupakan latihan yang memasuki beban intensitas sedang hingga tinggi, yakni 2-3 set dengan 8-12 repetisi pada 70-85% dari kekuatan otot maksimal yang meningkat secara progresif dari waktu ke waktu.

Selain rutin berolahraga, kalian juga diharuskan menghindari kebiasaan yang merugikan kesehatan. 

Dirasa percuma bila kalian sudah memenuhi asupan nutrisi dan rutin berolahraga, namuan kalian tidak menghilangkan atau menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa melakukan kebiasaan buruk tentunya dapat menambah risiko terjadinya osteoporosis.

Adapun hal-hal buruk yang harus dihindari adalah Berhenti merokok, menghindari berada dalam lingkungan yang penuh asap rokok. Selain itu, tidak memiliki kebiasaan minum alkohol berlebih juga bisa berperan dalam mencegah osteoporosis. (*)

Kategori :