Dijamin Tulang Kuat! Inilah 5 Makanan Kaya Akan Kalsium yang Memperkuat Tulang dan Menurunkan Kolesterol

Kamis 28-12-2023,08:10 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini adalah daftar makanan kaya akan kalsium yang dapat memperkuat tulang dan menurunkan kolesterol.

Memperkuat struktur tulang sudah menjadi tanggung jawab kita masing-masing. Seperti yang kamu ketahui, peran tulang dalam kehidupan sangat penting untuk perlindungan sel dan organ tubuh kita.

Untuk memperkuat struktur tulang, biasanya kita mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi, seperti susu, yogurt, dan keju, agar tidak terkena osteoporosis.

Untuk memperkuat tulang dalam tubuh, tidak hanya perlu mengonsumsi produk susu.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut adalah daftar makanan selain susu yang mengandung kalsium untuk memperkuat struktur tulang.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium, Wajib Kamu Konsumsi agar Tulangmu Selalu Kuat dan Sehat

BACA JUGA:Inilah Suplemen Kalsium Terbaik untuk Mendukung Kesehatan Tulang, Buat Tulangmu Kuat Sampai Lansia

Makanan Kaya Akan Kalsium

1. Kacang

Kacang-kacangan mengandung sejumlah kalsium dan dua nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang, yaitu magnesium dan fosfor.

Magnesium membantu menyerap dan menahan kalsium di tulang. Sementara itu, fosfor juga membantu menjaga kesehatan tulang.

Menurut National Institutes of Health, sekitar 85 persen fosfor tubuh ditemukan di tulang dan gigi.

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang, namun yang paling direkomendasikan adalah kacang almond, edamame, dan kacang-kacangan.

Tiga jenis kacang yang tercantum di atas kaya akan kalsium, yang dapat membantu membentuk pola makan nabati. Pola makan nabati adalah pola makan yang mencegah risiko patah tulang.

Menurut Departemen Pertanian AS, pola makan nabati merupakan sumber magnesium dan fosfor yang sangat baik dan membantu mendapatkan sumber serat yang baik bagi tubuh.

Kategori :