Pengen Punya Penghasilan Dollar? Yuk, Praktikkan 5 Tips Mendapatkan Klien Kerja Freelance dari Luar Negeri Ini

Rabu 28-02-2024,09:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Tentu saja, jika kamu ingin mendapatkan klien dari luar negeri, kamu harus masuk ke lingkungan di mana mereka berada, yakni di situs kerja freelance luar negeri. Dengan begitu, kamu akan terbantu untuk menjangkau klien di lingkup internasional.

Kamu tidak perlu bingung dalam tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri yang satu ini. Sebab, kini sudah banyak tersedia platform kerja freelance internasional di mana kamu bisa mendaftarkan dirimu di sana dengan mudah.

Platform tersebut contohnya adalah Fiverr.com, Fastwork.id, Freelancer.co.id, dan sejumlah platform lainnya. 

BACA JUGA Pentingnya Magang untuk Fresh Graduate, Ini 4 Alasan Kamu Punya Nilai Tambah Karena Ikut Internship

Ciptakan citra diri yang baik

Portofolio saja tidak cukup jika kamu ingin menarik perhatian klien asing dan membuat mereka berkenan untuk menggunakan jasamu. Kamu juga perlu membangun citra diri yang baik atau personal branding.

Maka, manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan dirimu kepada dunia. Media sosial yang paling direkomendasikan kepadamu dalam tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri ini adalah media profesional LinkedIn yang memang secara khusus digunakan pengguna untuk keperluan di dunia profesional.

Dengan menerapkan tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri berupa personal branding ini, klien akan lebih mudah untuk menemukan kamu dan tertarik menggunakan jasa yang kamu tawarkan. 

Waspada dengan penipuan

Tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri terakhir yang sangat wajib kamu praktikkan adalah waspada dengan berbagai modus penipuan. Maka, kamu perlu mencermati proyek yang ditawarkan kepadamu secara sungguh-sungguh sebelum menerimanya.

Pastikan kamu memeriksa identitas klien. Coba tanyakan situs web resmi perusahaan, email, dan detail lainnya. 

Itulah beberapa tips mendapatkan klien kerja freelance dari luar negeri yang bisa kamu terapkan untuk memperoleh kesempatan kerja freelance yang lebih besar dan mendapatkan gaji dollar.

**AN

Kategori :