9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Menurunkan Tekanan Darah Hingga Menyehatkan Rambut

Kamis 29-02-2024,18:51 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Di balik rasanya yang segar, renyah dan manis, manfaat buah melon untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin begitu luar biasa, seperti mencegah dehidrasi, baik untuk ibu hamil, menyehatkan kulit, menyehatkan rambut hingga menurunkan tekanan darah.

Buah melon banyak varietasnya. Buah melon memiliki kulit berwarna hijau atau kuning, dengan daging berwarna oranye, putih, atau hijau tergantung varietasnya. 

Buah melon kaya akan kandungan nutrisi. Oleh karena itu, buah ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi.

Buah melon memiliki kandungan nutrisi berupa kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Ada pula kandungan vitamin B1, vitamin B2, kalsium, vitamin B3, zat besi, vitamin B5, fosfor, vitamin B6, kalium, natrium, vitamin C, dan zink.

Baca juga:Asam Manis yang Menyegarkan! Inilah Resep Es Kuwut Melon Khas Bali, Minuman Menyenangkan dengan Isian Beragam

Berikut beberapa manfaat buah melon jika dikonsumsi secara rutin dari beberapa sumber:

1. Mencegah dehidrasi

Gejala dehidrasi berupa sakit kepala, bibir kering, penurunan frekuensi buang air kecil, dan kelelahan yang disebabkan tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Kandungan buah melon 90 persen adalah air, sehingga mengonsumsi melon dapat membantu mengatasi gejala dehidrasi. Tak hanya itu, berbagai mineral di dalamnya juga membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh.

2. Memenuhi gizi ibu hamil

Beragam nutrisi dalam buah melon sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Baik itu berupa vitamin dan mineralnya. 

3. Menyehatkan pencernaan

Selain dagingnya, kulit melon berpotensi pula untuk menyehatkan pencernaan. Karena mengandung antioksidan dan prebiotik. 

Baca lagi:8 Obat Batu Ginjal dari Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C, Yuk Simak Selengkapnya di Sini

4. Menurunkan tekanan darah

Kategori :