7 Manfaat Kreatin bagi Tubuh, Membantu Membangun Massa Otot, Namun Bisa Berbahaya Bagi Ginjal

Selasa 05-03-2024,13:35 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

3. Meningkatkan kemampuan kognitif lansia

Ternyata suplemen creatine tidak hanya untuk membangun massa otot, tetapi juga memengaruhi kemampuan kognitif orang tua! Ini mengacu pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Aging Neuropsychology and Cognition pada tahun 2007.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama (15 orang) diberi plasebo 5 gram, yang mereka konsumsi empat kali sehari selama minggu pertama, kemudian menerima suplemen kreatin asli pada minggu kedua. Sedangkan kelompok kedua (17 orang) mendapat plasebo selama dua minggu.

Mereka kemudian diuji untuk memori jangka panjang, memori spasial, angka acak, dan angka maju dan mundur.

Akibatnya, asupan kreatin berdampak signifikan pada kinerja semua tugas, kecuali menghafal angka hitung mundur. Kesimpulannya, creatine dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif orang tua.

BACA JUGA:6 Daftar Makanan Sayuran yang Aman Buat Sakit Ginjal, Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin!

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 4 Manfaat Kreatin untuk Kebugaran Tubuh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

4. Mengurangi kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa suplemen kreatin dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan fungsi pengangkut glukosa tipe 4 (GLUT-4). GLUT-4 adalah molekul yang membawa kadar gula darah ke otot.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Amino Acids pada tahun 2008, orang yang menggabungkan kreatin dan olahraga menunjukkan kontrol gula darah yang lebih baik.

Studi tiga bulan melibatkan 22 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, di mana satu kelompok diberi 10 gram kreatin per hari dan yang lainnya diberi plasebo.

Meskipun hasilnya menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek jangka panjang kreatin pada kontrol gula darah dan diabetes.

5. Dapat mengurangi kelelahan

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa suplemen creatine dapat mengurangi rasa lelah. Salah satunya dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Paediatrica pada tahun 2008.

Penelitian ini berlangsung selama enam bulan dan melibatkan orang-orang dengan cedera otak traumatis. Mereka yang diberi suplemen creatine merasakan penurunan pusing hingga 50 persen.

Kreatin terbukti mengurangi kelelahan dan meningkatkan tingkat energi pada orang yang kurang tidur. Selain itu, creatine dapat mengurangi kelelahan akibat latihan pada suhu tinggi.

Kategori :