9 Alasan Kadar Kreatinin Tinggi yang Penyebab Ginjal Bermasalah dan Cara Menguranginya yang Wajib Diketahui

9 Alasan Kadar Kreatinin Tinggi yang Penyebab Ginjal Bermasalah dan Cara Menguranginya yang Wajib Diketahui

alasan kadar kreatinin tinggi --youtube.com/Kompas Tv

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini alasan adar kreatinin tinggi dan cara menguranginya yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

Kadar kreatinin yang tinggi biasanya merupakan akibat dari perubahan fungsi ginjal, peningkatan asupan protein, atau suplementasi kreatin.

Namun, bisa juga terjadi karena masalah yang lebih serius seperti infeksi ginjal, ketoasidosis diabetik, atau tekanan darah tinggi.

Kreatinin adalah zat yang diproduksi oleh otot dan dikeluarkan oleh ginjal melalui urin. Inilah sebabnya mengapa kadar kreatinin dapat dinilai dengan menggunakan sampel urin dan tes darah.

Tingkat normal kreatinin dalam darah bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Kisaran referensi total kreatinin serum adalah 60-110 mikromol per liter (mmol/L) atau 0,7–1,2 miligram per desiliter (mg/dl) untuk pria dan 45-90 mikromol/L (0,5-1,0 mg/dl) untuk wanita.

Jika kadar kreatinin di atas level ini, dokter mungkin menganggapnya tinggi. Namun, keputusannya akan tergantung pada massa otot orang tersebut dan beberapa faktor lain seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi.

Kamu harus khawatir bahwa kadar kreatinin di atas normal dan kamu bisa mengalami gejala seperti kelelahan, mual, muntah, dan bengkak.

Berikut adalah beberapa situasi, kondisi, dan penyakit yang menyebabkan kadar kreatinin tinggi yang perlu Anda waspadai.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Tips Menurunkan Kreatinin Tinggi agar Organ Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi

BACA JUGA:Apa Saja Sayur yang Sehat untuk Ginjal? Yuk Simak 6 Jenisnya yang Bantu Turunkan Kreatinin

1. Aktivitas fisik yang berlebihan

Aktivitas fisik yang intens dan sering dapat menyebabkan peningkatan kadar kreatinin dalam darah. Peningkatan ini tidak terkait dengan perubahan fungsi ginjal, tetapi dikaitkan dengan peningkatan massa otot.

Kreatinin adalah zat yang diproduksi oleh otot. Jika peningkatan kreatinin dikaitkan dengan peningkatan massa otot, maka pengobatan tidak diperlukan.

2. Dehidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: