7 Manfaat Kreatin bagi Tubuh, Membantu Membangun Massa Otot, Namun Bisa Berbahaya Bagi Ginjal

7 Manfaat Kreatin bagi Tubuh, Membantu Membangun Massa Otot, Namun Bisa Berbahaya Bagi Ginjal

Manfaat Kreatin Bagi Tubuh--Youtube.com/Muscle First

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini beberapa manfaat kreatin bagi tubuh yang dapat membantu membangun massa otot namun jangan dikonsumsi terlalu banyak.

Apakah kamu ingin menambah massa otot? Berolahraga di gym dengan cara yang disiplin dan konsisten. Untuk hasil terbaik, konsumsi beberapa suplemen, salah satunya adalah kreatin.

Ingin tahu apa saja manfaat kreatin atau creatine bagi tubuh? Dan berapa batas aman asupan kreatin per hari, berikut ulasannya.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Tips Menurunkan Kreatinin Tinggi agar Organ Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi

BACA JUGA:Apa Saja Sayur yang Sehat untuk Ginjal? Yuk Simak 6 Jenisnya yang Bantu Turunkan Kreatinin

1. Meningkatkan massa otot

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition pada tahun 2007, creatine monohydrate adalah suplemen yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan berolahraga dengan intensitas tinggi.

Sementara itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology, Seri A: Biological Sciences and Medical Sciences pada tahun 2003, menambahkan suplemen creatine monohydrate ke dalam program latihan kekuatan dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan kaki secara signifikan. 

Penelitian tersebut melibatkan 28 pria dan wanita sehat berusia di atas 65 tahun, berlangsung selama 14 minggu.

Batas aman asupan kreatin adalah 3-5 gram per hari atau 30 mg / kg berat badan untuk menjaga massa otot yang optimal.

Perlu diingat bahwa asupan kreatin yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman.

2. Dapat meningkatkan kekuatan dan efektivitas olahraga

Di sisi lain, creatine juga meningkatkan kekuatan dan efektivitas latihan intensitas tinggi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2003.

Studi tersebut menunjukkan bahwa menambahkan creatine ke dalam program latihan dapat meningkatkan kekuatan hingga 8 persen, efisiensi angkat beban sekitar 14 persen, dan bench press dalam satu kali pengulangan hingga 43 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: