Naik Tingkat, Anggota Merpati Putih Batang Harus Lulus Ujian

Naik Tingkat, Anggota Merpati Putih Batang Harus Lulus Ujian

PEMATAHAN - Para anggota Merpati Putih Batang yang akan naik tingkat, diwajibkan mengikuti ujian pematahan. M DHIA THUFAIL

BATANG - Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih kelompok latihan Batang, Minggu (12/1) pagi kemarin menggelar ujian kenaikan tingkat dan eksebisi getaran halang rintang tutup mata, di Alun alun Kabupaten Batang.

"Sedikitnya ada 23 anggota Merpati Putih Batang yang hari ini mengikuti kenaikan tingkat. Mereka kita wajibkan untuk melewati sejumlah ujian terlebih dahulu sebelum diperbolehkan untuk naik tingkat," ungkap Cahyono, Asisten Pelatih Merpati Putih Batang.

Disebutkan Cahyono, puluhan anggota Merpati Putih Batang yang di dominasi oleh para pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA ini diwajibkan untuk mengikuti ujian pematahan (batu bata ringan) dan eksebisi getaran halang rintang tutup mata.

"Adapun kenaikan tingkat merpati putih terbagi dalam nafas dasar 1 ke nafas dasar 2. Nafas balik 1 ke nafas balik 2, kombinasi 1 ke kombinasi 2, khusus 1 ke khusus 2 dan khusus 3, serta inti 1 ke inti 2," terang Cahyono yang juga merangkap sebagai ketua panitia acara ujian.

Menurut Cahyono, para anggota Merpati Putih baru bisa mengikuti ujian kenaikan tingkat apabila mereka telah mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar setiap satu minggu sekali selama kurang lebih lima bulan lamanya.

"Ya, minimal harus mengikuti pelatihan lima bulan terlebih dahulu. Selain itu, bagi anggota yang berada di tingkat kombinasi, mereka diminta untuk dapat mengabdi selama dua tahun, ikut melatih," jelas Cahyono.

Dijelaskan juga oleh Cahyono, bahwa PPS Betako Merpati Putih kelompok latihan Batang sudah ada sejak tahun 1990 silam. Namun sempat vakum lama dan baru mulai aktif kembali pada awal tahun 2018 hingga bertahan sampai tahun 2020 ini.

"Alhamdulillah, hingga saat ini anggota Merpati Puti Batang ada sejumlah 30 orang. Saat ini kami masih aktif mengajar di ekstra kulikuler SMP 4 Batang setiap hari Sabtu pukul 15.00 WIB. Bagi masyarakat Batang yang ingin gabung, bisa datang pada hari Minggu pukul 14.00 WIB di Kantor Kecamatan Batang," pungkasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: