Piala Dunia Qatar Menjadi Termahal dalam Sejarah Sepakbola, Dananya Mencapai Rp 3,4 Kuadriliun

Piala Dunia Qatar Menjadi Termahal dalam Sejarah Sepakbola, Dananya Mencapai Rp 3,4 Kuadriliun

Gelaran piala dunia atau FIFA World Cup Qatar 2022 diperkirakan menjadi sejarah penyelenggaraan acara Piala Dunia termahal dalam sejarah sepakbola.

Untuk menghelat turnamen sepakbola empat tahunan tersebut, Qatar diperkirakan telah menghabiskan sebanyak USD 220 miliar atau setara Rp3,4 kuadriliun. Dana sebesar itu mengalir selama belasan tahun sejak terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia pada akhir 2010.

Bila dibandingkan biaya yang dikeluarkan Rusia untuk menggelar piala dunia di tahun 2018 lalu, anggaran yang dikeluarkan pemerintah Qatar lebih dari 15 kali lipatnya.

"Untuk proyek infrastruktur termasuk jalan, hotel, stadion, dan peningkatan kapasitas bandara pada 2017, Qatar telah menghabiskan dana sebesar USD 500 juta (sekitar Rp 7,8 triliun) per minggu," ungkap Menteri Keuangan Qatar dikutip dari Forbes, Selasa 22 November 2022.

Membengkaknya anggaran penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 itu sendiri disebabkan oleh sejumlah faktor.

Pasalnya, selain melakukan pembenahan pada sarana olahraga, Qatar juga membangun sejumlah infrastruktur lain seperti bandara, hotel, serta jaringan metro yang mumpuni.

Disisi lain, hampir 3 juta tiket telah ludes terjual pada pertengahan Oktober. Selain penduduk Qatar, penonton asal Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dilaporkan mendominasi pembelian.

FIFA juga menjelaskan penggemar asal AS, Meksiko, Inggris, Prancis, Argentina, Brasil dan Jerman juga akan turut meramaikan pesta sepak bola dunia ini.

Setidaknya delapan stadion akan menjadi tuan rumah pertandingan di turnamen tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, tujuh di antaranya merupakan stadion yang baru dibangun.

Berikut 8 stadion yang yang baru dibangun di Qatar:

  1. Al- Bayt Stadium
  2. Lusail Stadium
  3. Ahmad Bin Ali Stadium
  4. Al Janoub Stadium
  5. Al Thumama Stadium
  6. Education City Stadium
  7. Khalifa International Stadium
  8. Stadium 974 (disway)

Berita ini sudah tayang di disway.id dengan judul Fantastis! Piala Dunia Termahal dalam Sejarah, Qatar Habis Uang Rp 3,4 Kuadriliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: