Isu Penculikan Masih Marak, Orang Tua Diminta Bijak

Isu Penculikan Masih Marak, Orang Tua Diminta Bijak

MENUNGGU ANAK - Sejumlah orang tua siswa TK Bakti Kalisari saat menunggui anaknya yang sedang belajar.--

“Informasi yang disebarkan itu sepenggal, tidak diberitahukan lokasinya, waktunya, siapa korbannya, sehingga orang tua jadi takut. Sehingga kita tidak bisa mengklarifikasi kabar itu benar atau tidak,” jelasnya.

 

Bersikap waspada tentu diperbolehkan, hanya saja tidak perlu berlebihan, sehingga tidak menimbulkan ketakutan.“Diberi tahu sewajarnya, sehingga anak tidak merasa cemas,” pesan Utari.

 

Ditemui secara terpisah, Kepala TK Bakti Kalisari, Rusmalina mengatakan, kewaspadaan terhadap kabar bohong penculikan memang perlu, tetapi tidak perlu berlebihan.

 

“Beberapa hari ini dunia maya dihebohkan dengan tersebarnya hoaks penculikan anak, ya di Facebook, Instagram sampai grup WhattsApp. Kami sudah menyampaikan arahan kepada para guru untuk menutup pintu gerbang saat kegiatan belajar mengajar dan ketika ada tamu pun kami konfirmasi kebenaran identitasnya, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” terangnya.

 

Menurut Rusmalina, imbauan pun telah disampaikan kepada orang tua murid, untuk selalu berkomunikasi dengan guru ketika menjemput langsung maupun meminta bantuan saudara untuk menjemput anak. “Berbeda ketika arahan itu disampaikan ke anak, tentu menggunakan bahasa yang lebih santun dan mudah dipahami,” ujar dia.

 

Ia mengapresiasi, kesigapan pihak kepolisian yang bertindak cepat dengan menggelar patroli ke sejumlah lembaga pendidikan. “Beberapa hari lalu ada mobil polisi berpatroli ke lingkungan Taman Lumba-Lumba dan sekitarnya. Alhamdulillah ada perhatian dari pihak kepolisian kepada kami, jadi ada kepastian keamanan untuk anak-anak,” pungkasnya. (fel)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: