Ampuh dan Bersih! 5 Cara Membersihkan Make Up yang Benar agar Kulit Bebas Masalah Jerawat

Ampuh dan Bersih! 5 Cara Membersihkan Make Up yang Benar agar Kulit Bebas Masalah Jerawat

Cara Membersihkan Make Up yang Benar-Tangkap Layar-Freepik.com

Berikut beberapa masalah kulit yang akan timbul bila tidak rutin menghapus make up dengan benar, sebagai berikut.

1. Timbul Jerawat

Salah satu masalah kulit pada wajah yang rentan timbul jika menggunakan make up seharian tanpa dibersihkan saat tidur ialah jerawat.

Pada dasarnya, penggunaan make up tidak dapat menimbulkan jerawat. Namun, cara menghapus make up dan cara pakai make up itu sendiri yang membuat beberapa orang bisa terkena masalah jerawat. 

Penyebabnya banyak misal, sisa make up, kotoran, keringat, bahkan tumpukan sel kulit tersebut mampu menyumbat pori-pori. Jika bakteri tersebut tumbuh nantinya akan menimbulkan peradangan, sehingga jerawat bisa muncul.

Apalagi bagi yang memiliki kulit berjerawat bahkan tidak rutin membersihkan make up dengan benar, maka kondisi jerawat tentu akan semakin parah.

2. Kulit Keriput, Kering, hingga Kusam

Bahaya memakai make up saat tidur juga dapat memicu beberapa permasalahan kulit lainya. Seperti kulit keriput. Sebab, dibiarkan wajah dipenuhi make up seharian bahkan saat tidur, proses regenerasi kulit pada wajah akan berjalan lambat. 

Hal ini karena adanya kotoran yang masih menempel di wajah akibat tidak menghapus make up dengan benar. Sehingga kulit mengalami stres oksidatif.

Stres oksidatif inilah yang menyebabkan lapisan pelindung kulit rusak sehingga muncul tanda penuaan dini, seperti kulit keriput bahkan garis halus pada wajah.

Tak hanya, kebiasaan meninggalkan maskara pada saat tidur secara kontinyu dapat menyumbat folikel bulu mata bahkan memicu iritasi. 

Hal ini dikarenakan, partikel maskara dan eyeliner yang jatuh ke mata selama tidur akan rentan memicu iritasi mata merah (konjungtivitis).

3. Alergi serta Iritasi

Bahaya sering pakai make up seharian dan tidak dibersihkan hingga tidur adalah reaksi alergi atau iritasi. 

Hal ini karena beberapa produk make up  mengandung zat kimia, termasuk zat pewangi bahkan pengawet. Sehingga hal tersebut memicu reaksi peradangan yang disebabkan oleh zat iritan atau alergen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: