15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

Makanan Penurun Hipertensi-Tangkapan layar freepik.com-

Seledri sudah lama populer sebagai makanan penurun darah tinggi. Sayuran ini memiliki kandungan phthalid yang bermanfaat untuk membuat pembuluh darah “rileks” dan menurunkan tekanan darah. 

Sama halnya seperti wortel, penelitian dari Journal of Human Hypertension, juga menyebutkan bahwa untuk mendapatkan manfaat penurun darah tinggi sebaiknya seledri dikonsumsi secara mentah. 

15. Bayam

Bayam kaya akan nitrat. Selain itu bayam juga tinggi akan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi. 

Menurut studi yang dilansir di jurnal Clinical Nutrition Research pada tahun 2015, disebutkan bahwa subjek penelitian yang diberikan sayur bayam 500 ml setiap harinya selama 7 hari mengalami penurunan tekanan darah. 

Itu dia beberapa rekomendasi makanan penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi untuk menunjang pengobatan hipertensi, baik itu sayuran hijau, buah-buahan, hingga ikan laut.

Jangan lupa tetap jaga pola hidup sehat dan selalu lakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi risiko darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: