15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

Makanan Penurun Hipertensi-Tangkapan layar freepik.com-

3. Yogurt

Rekomendasi makanan penurun hipertensi ketiga ialah yogurt. Yogurt adalah makanan yang bisa menjadi sumber kalsium bagi penderita hipertensi. Yogurt menjadi sumber kalsium yang baik untuk penderita hipertensi karena rendah lemak, sehingga tidak meningkatkan kolesterol yang memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah dan memperburuk tekanan darah tinggi.

Baca lagi:11 Makanan Penyebab Hipertensi, Ingin Selamat! Mulai Sekarang Kurangi Makanan Pemicunya

4. Wortel

Wortel baik untuk penderita tekanan darah tinggi lantaran mengandung senyawa fenolik yang dapat mengurangi peradangan, serta mengendurkan pembuluh darah.

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan penurun darah tinggi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita hipertensi selanjutnya. Bawang putih mengandung antibiotik alami, yaitu allicin, sehingga mengurangi risiko terjadinya peradangan yang dapat memperburuk hipertensi. Selain itu, bawang putih didapati juga mengandung senyawa yang mampu melebarkan pembuluh darah.

6. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan magnesium, kalium, dan serat yang tinggi. Di mana kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah apabila dikonsumsi secara rutin.

7. Ikan Laut

Ikan laut, seperti tuna dan salmon, mengandung lemak sehat omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega-3 memiliki efek menurunkan tekanan darah sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi setidaknya 2 kali seminggu.

8. Buah Beri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: