Lazismu Salurkan Bantuan untuk Tiga UMKM

Lazismu Salurkan Bantuan untuk Tiga UMKM

SIMBOLIS - Pengurus PD Muhammadiyah Kota Pekalongan secara simbolis menyerahkan bantuan kepada salah satu UMKM penerima-Ainul Atho-

KOTA - Lazismu Kota Pekalongan kembali menyalurkan bantuan yang bersumber dari penghimpunan zakat, infak dan sedekah, Kamis (15/6/2023). Kali ini, bantuan disalurkan dalam program pemberdayaan UMKM. Ada tiga pelaku UMKM yang menjadi sasaran bantuan, masing-masing untuk Saung Suhati, Omah Jahit Butik dan Konveksi serta Fafa Elektrik.

Bantuan yang diberikan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk Saung Suhati, diberikan bantuan berupa gerobak dan bantuan modal usaha sebesar Rp3.927.400, untuk Omah Jahit Butik dan Konveksi berupa mesin obras dan alat potong kain serta untuk Fafa Elektrik berupa etalase dan sejumlah alat elektronik.

Direktur Eksekutif Lazismu Kota Pekalongan, Sugeng Sutikno mengatakan, dengan bantuan ini diharapkan para penerima bisa mengembangkan usahanya sehingga bisa menopang dan membantu ekonomi keluarga untuk kehidupan yang lebih baik.

"Alhamdulillah hari ini kami tasarufkan bantuan untuk tiga UMKM yaitu di Kraton Kidul untuk Saung Suhati yang berjualan rujak, kemudian di Klego Bantaran untuk usaha konveksi dan di Poncol untuk usaha toko elektronik. Bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing," tuturnya.

Sugeng juga berharap kepada para aghniya untuk bisa berdonasi lewat Lazismu. Sebab pihaknya sudah menunjukkan bahwa zakat, infak maupun sedekah yang diserahkan ke Lazismu selalu dilaporkan lewat masyarakat dalam bentuk publikasi lewat berbagai media, media sosial maupun publikasi lainnya.

Salah satu penerima bantuan, Lestari Pitoyo mengaku bersyukur dengan adanya bantuan dari Lazismu. Sebab dirinya memang membutuhkan untuk membuka usaha. "Alhamdulillah berguna sekali karena saya memang membutuhkan itu. Saya jualan rujak, tadinya jualan cilok diantar ke sekolah tapi karena saat ini sekolah libur, saya membuka usaha untuk jualan rujak," jelasnya.

Setelah mendapatkan bantuan ini, dia bertekad akan memanfaatkannya secara optimal dalam rangka mewujudkan target terbebas dari hutang. "Karena saat mengajukan bantuan, nawaitunya saya mau cari tambahan untuk melunasi hutang," kata Lestari.

Sementara Pengurs PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, Ghozali mengapresiasi program-program dari Lazismu termasuk bantuan untuk UMKM yang sudah berjalan selama beberapa tahun. Dirinya berharap program-program tersebut bisa terus ditingkatkan sehingga akan lebih banyak masyarakat yang ikut menikmati kerja-kerja Lazismu Kota Pekalongan.

"Ke depan, saya kira ini perlu ditingkatkan dari sisi besaran bantuan atau penyebarannya agar bisa menjangkau masyarakat di seluruh Kota Pekalongan. Sehingga betul-betul masyarakat tahu akan fungsi dari Lazismu dan bagaimana pemanfatan lembaga zakat, infak dan sedekah yang sudah dikumpulkan," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: