STMIK Expo 2023, Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa untuk Buka Peluang Berwirausaha

STMIK Expo 2023, Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa untuk Buka Peluang Berwirausaha

PRODUK - Ketua Penyelenggara Much Rifqi Maulana, M.Kom melihat produk mahasiswanya, dalam kegiatan bertajuk 'STMIK Expo 2023' di gedung pertemuan kampus setempat, Selasa (4/7/2023).-Abdurrahman-

KOTA - Sebagai upaya membangun kreativitas jiwa kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Widya Pratama Pekalongan kembali menghelat kegiatan bertajuk 'STMIK Expo 2023' di gedung pertemuan kampus setempat, Selasa (4/7/2023).

Dalam STMIK Expo 2023, diisi kegiatan Bazar Produk, Donor Darah, Pentas Seni dan Seminar Ilmiah yang menghadirkan narsumbe Dr Adi Kusuma Ahmad dari Dinkominfo Kota Pekalongan.

Ketua Penyelenggara Much Rifqi Maulana, M.Kom mengatakan, kegiatan Bazar Produk ini merupakan kegiatan rutin dari implementasi praktik untuk perkuliahan Mapel Kewirausahaan dan Tecknoprenuership, setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah wajib tersebut.

"Kegiatan ini, diikuti oleh 64 tenan. Terdiri 37 starup digital, 4 prototipe , 22 kuliner, dan satu budidaya," ucapnya.

Dibandingkan penyelenggaraan STMIK Expo tahun lalu, sambung Rifqi, mahasiswa yang memilih untuk memamerkan usaha starup digital lebih banyak. Ini membuktikan ada perkembangan yang lebih baik, karena linier dengan Prodi di STMIK Widya Pratama," ucapnya.

Rifqi menyebut, kreativitas dan Inovasi menjadi hal yang penting di kalangan mahasiswa. Termasuk dalam bidang produk seperti berani untuk menciptakan barang yang memiliki nilai jual. Maka dari itu bazar ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan diri dengan menjadi seorang wirausaha agar mereka memiliki jiwa kompetensi dalam hal tersebut.

"Harapan kami, mahasiswa mengenal dunia industri. Sehingga mahasiswa tidak fokus mencari pekerjaan. namun menciptakan lapangan pekerjaan. Alhamdulillah, alumni mahasiswa STMIK yang ikut STMIK Expo tahun 2018 dan 2019, ada yang berhasil membikin usaha," ujar dosen pengampu mata kuliah Technoprenuership saat ditemui disela-sela bazar.

Disinggung harapan kedepanya, Rifqi berharap mahasiswanya bisa mengembangkan kemampuan, serta mengoptimalkan dan bisa dijadikan sarana penghasilan, dan membuka lapangan pekerjaan. "Harapan secara umum meningkatkan nilai ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar," pungkasnya. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: