10 Tips Menjaga Kesehatan Punggung agar Tidak Cepat Lelah bagi Para Pekerja Kantoran

10 Tips Menjaga Kesehatan Punggung agar Tidak Cepat Lelah bagi Para Pekerja Kantoran

ilustrasi wanita memakai tas punggung.-rakyatbengkulu-Net

Jika tas punggung Anda dilengkapi dengan tali pinggang, gunakanlah dengan benar. Tali pinggang akan membantu mendistribusikan beban dengan lebih merata dan mengurangi beban pada punggung Anda. Pastikan Anda mengencangkan tali pinggang dengan nyaman di sekitar pinggang Anda.

4. Perhatikan Postur Tubuh

Tidak hanya soal memilih tas, mengajar postur tubuh menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini sering tidak disadari ketika sedang berjalan kaki. Membawa barang banyak dalam tas dapat meningkatkan resiko terjadi kecelakaan. Terutama tempat-tempat yang membutuhkan keseimbangan baik. Dalam jangka panjang, akan menyebabkan pergeseran tulang belakang yang membuat postur tubuh tidak lurus.

5. Gunakan Kedua Tali Bahu

Belilah tas dengan dua strap bahu. Gunakan kedua strap bahu untuk membantu mendistribusi berat tas punggung ke seluruh punggung. Kencangkan strap abar beban tas dekat dengan punggung. 

Untuk pengaturan tata letak, masukan barang yang berat di bagian bawah dan ke arah tengah. Sementara barang yang mudah dibawa, taruh bagian atas.

Jauh lebih baik apabila membawa barang yang diperlukan saja agar mengurangi risiko cedera punggung. 

6. Beristirahat dan Menggerakkan Tubuh

Duduk terlalu lama selama berjam-jam membuat kelelahan pada punggung Anda. Terutama jika Anda duduk dengan memakai tas punggung. 

Lakukan gerakan secara teraturs ketika sedang memakai tas punggung. Setiap beberapa jam, cobalah berdiri, berjalan, dan lakukan peregangan untuk mengurangi tegangan pada otot-otot punggung. 

7. Latihan Penguatan Punggung

Kesehatan tulang punggung dapat dijaga dengan melakukan penguatan punggung secara teratur. Anda dapat melakukan gerakan olahraga yang dapat melatih kekuatan tulang punggung.

Bentuk latihan seperti plank, back extension, maupun bird dog mampu memperkuat otot-otot punggung dan menjaga stabilitas tulang belakang. Banyak bentuk latihan yang dapat ditemukan melalui aplikasi olahraga maupun video di Media Sosial.

8. Hindari Penggunaan Tas Punggung yang Terlalu Rendah

Selanjutnya, hindari pemakaian tas punggung yang terlalu rendah. Tas yang terlalu rendah dapat mengganggu postur tubuh dan memberikan tekanan yang tidak seimbang pada tulang punggung Anda. Pastikan tas punggung Anda nyaman di sekitar bahu dan punggung Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: