Proyek Pasar Weleri Tahap I Dianggarkan Rp 51 M

Proyek Pasar Weleri Tahap I Dianggarkan Rp 51 M

TANDA TANGAN - Disdagkop UKM Kendal dan PT Chimarder – Bintang Rama KSO menandatangani surat perjanjian pekerjaan pembangunan Pasar Weleri I, Kamis (20/7/2023).-red/sef-

*Hari Ini Mulai Groundbreaking

KENDAL - Lama dinanti, rencana pembangunan Pasar Weleri akhirnya segera direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal. Bahkan, proyek Pasar Weleri tahap 1 yang dibiayai APBD senilai Rp 51 miliar ini akan menjalani tahap ground breaking pada Senin (24/7/2023) hari ini.

Kamis (20/7/2023) kemarin, proyek Pasar Weleri tahap 1 ini telah dilakukan penandatanganan surat perjanjian pekerjaan atau dokumen kontrak yang melibatkan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kabupaten Kendal selaku Pengguna Anggaran (PA) atau pengelola kegiatan dengan PT Chimarder – Bintang Rama KSO selaku penyedia jasa atau kontraktor.

Penandatanganan kontrak yang dilakukan di Ruang Paringgitan Kabupaten Kendal itu juga dihadiri Sekda Kendal Sugiono, Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah AKBP Gunawan, Kabag Ops Polres Kendal, Kepala Disdagkop UKM Kendal Toni Ari Wibowo, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kendal Wiwit Andariyono, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Kendal, serta Pimpinan PT Chimarder - Bintang Rama KSO Ikhwanudin dan jajaran.

Adapun yang bertanda tangan atas dokumen kontrak proyek Pasar Weleri tahap 1 ini adalah Kepala Disdagkop UKM Kendal Toni Ari Wibowo dan Pimpinan PT Chimarder - Bintang Rama KSO Ikhwanudin. Penandatanganan disaksikan semua tamu yang hadir.

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, proyek Pasar Weleri tahap 1 ini akan dibangun di atas luas lahan seluas kurang lebih 2 hektar. Sesuai Design Engeneering Design (DED), pasar ini akan dibangun menjadi bangunan dua lantai. 

Karena kebutuhan anggarannya yang besar serta keterbatasan kemampuan keuangan daerah, Pasar Weleri akan dibangun dalam 2 tahap, yakni tahun 2023 ini dan tahun 2024 mendatang. Untuk proyek Pasar Weleri tahap 1 mulai dibangun di tahun ini dan ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun 2023.

"Terkait alokasi dan sumber pembiayaan, pembangunan proyek Pasar Weleri tahap 1 telah dianggarkan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp. 51.000.000.000. Targetnya, setelah proyek tahap 1 ini rampung, Pasar Weleri sudah mulai bisa ditempati pedagang," jelas Toni Ari Wibowo.

Sementara Pimpinan PT Chimarder - Bintang Rama KSO, Ikhwanudin, menambahkan, bahwa pasca penandatanganan kontrak pekerjaan, proyek Pasar Weleri tahap 1 sudah mulai bisa dilaksanakan aktivitas konstruksinya. "Rencananya tanggal 24 Juli 2023 akan dilakukan prosesi ground breaking," ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Sekda Sugiono berkesempatan menyampaikan sambutan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Dikatakan, proses penandatanganan kontrak proyek Pasar Weleri tahap 1 ini menjadi progres yang baik terkait rencana pembangunan Pasar Weleri yang memang telah ditunggu-tunggu masyarakat, baik para pedagang maupun masyarakat secara umum di sekitar Weleri.

"Ini juga menjadi langkah awal Pemkab Kendal melalui Disdagkop UKM dalam merealisasikan janji dan komitmennya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Kendal melalui pembangunan infrastruktur penopang perekonomian daerah ini," ungkapnya.

Melalui Sekda, Bupati juga mengingatkan agar pelaksanaan proyek Pasar Weleri tahap 1 ini harus benar-benar sesuai kontrak, sehingga hasilnya nanti bisa tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya, dan tepat manfaat. 

"Untuk menunjukkan komitmen dan profesionalismenya, penyedia jasa juga harus bisa melaporkan progres proyek secara periodik kepada PPK (pejabat pemegang komitmen, red) dengan melampirkan foto progres fisiknya," pesan Sekda.

Tidak hanya soal kontrak menyangkut waktu pekerjaan, Sugiono juga berharap PT Chimarder - Bintang Rama KSO selaku penyedia jasa mampu melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik dan profesional. "Harapannya penyedia jasa bisa menghasilkan bangunan atau konstruksi yang memenuhi standar sebagaimana termaktub dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang ada untuk menghasilkan suatu bangunan Pasar Weleri 1 yang representative," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: